Agam

Indra Catri: Parpol Diminta Mengusung Calon Berkualitas dan Berkelas

Warta Andalas | Kamis, 28 November 2019 - 08:55:39 WIB | dibaca: 1082 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam melaunching pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Agam yang akan dihelat pada 23 September 2020. Launching dilaksanakan di lapangan GOR Padang Baru Lubuk Basung, Rabu (27/11) malam.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, Forkopimda, Sekdakab Agam, Martias Wanto, para Asisten di Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, kepala OPD dan masyarakat.

Launching pemilihan serentak bupati dan wakil bupati ditandai dengan pembunyian sirine yang dilakukan Indra Catri dan didampingi seluruh tamu undangan.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni menyebutkan, dalam penyelenggaraan pemilu yang akan dilaksanakan 2020 ini, sesuai dengan amanat UU No 10 tahun 2016 bahwasannya pelaksanaan pemilihan kepala daerah baik bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota maupun gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan secara serentak.

“KPU selaku penyelenggara dalam pelaksanaan pemilu ini merujuk kepada tahapan-tahapan yang tercantum dalam PKPU No 15 tahun 2019,” ujarnya.

Riko menjelaskan, tahapan yang telah dilaksanakan KPU Agam hingga saat ini diantaranya penyusunan program dan anggaran pada September sampai Oktober 2019.

Sementara itu, pembentukan PPK akan dilaksanakan Januari 2020 dan PPS Maret 2020, serta pembentukan KPPS pada Juni sampai Agustus 2020. Kemudian pendaftaran pasangan calon 16 sampai 18 Juni 2020, penetapan pasangan calon 8 Juli 2020. Sedangkan pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan 23 September 2020.

Bupati Agam, Indra Catri menyebutkan, pada 23 September 2020, Kabupaten Agam bersama 270 daerah lainnya akan melaksanakan pesta demokrasi, pemilihan serentak kepala daerah. Momen bersejarah ini akan menentukan arah dan langkah pemerintah daerah untuk lima tahun ke depan.

“Untuk itu kita berharap agar semua stakeholder pelaksana pemilihan serentak tahun 2020, berada dalam keadaan sehat walafiat. Sehingga dapat melaksanakan tugas secara optimal dalam menciptakan suasana pemilihan yang kondusif,” sebut Bupati Agam dua periode ini.

Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah proses awal dalam penyelenggara pemilu. Untuk itu, Indra Catri berpesan agar menjadikan pesta demokrasi sebagai ajang pemilu penuh kegembiraan, bukan ajang kebencian dan fitnah. Ia berharap Agam jadi barometer dan contoh terbaik bagi daerah lain minimal di Sumatera Barat.

“Di samping itu, KPU diharapkan membulatkan niat dan tekad dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah ini, karena KPU sesungguhnya adalah event organizer. Untuk itu, melalui pesta demokrasi ini jaga marwah dan nama baik Kabupaten Agam,” pinta bupati.

Tidak hanya itu, Indra Catri mengingatkan agar partai politik dalam pemilihan ini mengusung kandidat yang berkualitas dan berkelas. Sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang lebih baik.

Bupati yang akrab dipanggil IC ini berpesan kepada masyarakat Kabupaten Agam, agar nanti memilih pemimpin yang lebih dari dirinya. Lebih cerdas dan berakhlak karena tantangan Agam ke depan sangat luar biasa. (Hms)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)