Agam

Indra Catri Makan Bajamba dengan Ratusan Kader PKK Padang Pariaman

Warta Andalas | Selasa, 26 November 2019 - 21:48:50 WIB | dibaca: 1081 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM — Bupati Agam Dr. H. Indra Catri makan bajamba bersama rombongan PKK Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, di Mess Pemda Belakang Balok Bukittinggi, Selasa (26/11) siang.

Makan bajamba bersama orang nomor satu di Agam itu merupakan rangkaian kunjungan kerja TP PKK Lubuk Alung ke Kelompok Dasawisma Nagari Sariak Kecamatan Sungai Puar, Kabupaten Agam.

Bupati Indra Catri mengatakan, tradisi makan bajamba merupakan kebiasaan turun-temurun dari nenek moyang masyarakat Agam saat prosesi upacara adat.

“Sebuah kebanggaan dan penghormatan bagi kita apabila dikunjungi. Selamat datang di Agam, jangan lupa nanti sebelum pulang singgah ke objek wisata kita terlebih dahulu,” ujar bupati yang akrab disapa IC.

Makan bajamba sendiri menurut IC, memiliki makna menjalin kebersamaan dalam membingkai silahturahim di antara sesama.

“Lain lubuak lain pulo ikannyo. Antara Agam dan Padang Pariaman memiliki tuah masing-masing. Misalnya, orang Agam pandai membuat gulai lado hijau, maka orang Padang Pariaman pandai membuat gulai kapalo ikan. Oleh sebab itu, dengan kebersamaan ini nantinya antara kader PKK Agam dan Padang Pariaman bisa saling mengenal. Mana tahu nanti di antaranya ada yang berbesanan,” ujar bupati dengan senyum khasnya. (Hms)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)