Agam

Indo Jelito Salurkan Zakat Rp.100 Juta di Agam

Warta Andalas | Sabtu, 09 Juni 2018 - 10:04:10 WIB | dibaca: 1466 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Kumpulan ibu-ibu perantau Minang di Jakarta yang tergabung dalam organisasi Indo Jalito Peduli menyalurkan zakat sebesar Rp100 juta kepada 500 kepala keluarga kurang mampu di Nagari Sianok, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Kamis (7/6).

Ketua Umum Indo Jalito Peduli Astri Asgani mengatakan, 500 warga kurang mampu ini tersebar di Kecamatan Ampek Koto dan mereka mendapatkan zakat sebesar Rp200 ribu per kepala keluarga. "Mudah-mudahan, zakat yang disalurkan bermanfaat bagi saudara di tanah kelahiran," ujarnya berharap.

Menurutnya, sengaja disalurkan menjelang lebaran supaya masyarakat di kampung bisa memanfaatkan zakat untuk membeli kebutuhan Lebaran nanti.

Ia menjelaskan, menyalurkan zakat di bulan Ramadhan 1439 Hijriyah tidak hanya di Agam, tetapi juga di berbagai daerah yang ada di Sumatera Barat, Seperti Pesisir Selatan, Sijunjung dan Pasaman, dengan jumlah zakat sebesar Rp400 juta untuk 2.000 KK, masing-masing mendapat Rp200 ribu.

"Kegiatan sosial ini sudah dilakukan selama 18 tahun, dan pihaknya akan terus memperhatikan masyarakat yang ada di kampung," ujarnya.

Indo Jalito gabungan ibu-ibu dengan berbagai latar belakang profesi seperti notaris, pengusaha, ibu rumah tangga dan lainnya. Ini wujud kecintaan Indo Jalito Peduli Jakarta terhadap tanah kelahirannya.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah hadir saat itu menuturkan ucapan terimakasihnya kepada Indo Jalito Peduli yang sudah mengalokasikan zakat untuk Kecamatan IV Koto.

"Indo Jalito Peduli datang kembali menyalurkan zakat untuk melengkapi ibadah di bulan Ramadhan 1439 hijriyah, pergunakan lah zakat itu untuk keperluan yang lebih mendesak," ujarnya.

Dikatakannya, kita patut bersyukur selama ini Indo Jalito selalu memberikan bantuan untuk Agam. Pengalaman tahun sebelumnya, tanda bersyukur kita adalah tertib, jujur, sehingga maksud dan tujuan mereka datang ke Agam kesampaian.

"Mudah-mudahan zakat yang diterima masyarakat bisa membantu meringankan beban mereka menjelang lebaran 1439 Hijriyah," ujarnya berharap. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)