Ekobis

Ikuti Sumbar Ekspo, Telur Organik Limapuluh Kota Banjir Pesanan

Warta Andalas | Selasa, 19 November 2013 - 19:39:21 WIB | dibaca: 1687 pembaca

WARTA ANDALAS, JAKARTA - Perjalanan panjang Fisamal S.Pdi yang merupakan seorang Kepala Sekolah MAN Nareh Sago Halaban dan Joni Dt. Sidijayo yang berlatar belakang tekhnik dalam eksperimennya menciptakan formula Telur Organik, kini mulai mebuahkan hasil.

Betapa tidak, setelah telur organic yang ia hasilkan itu dinyatakan lolos uji labor di ITB Bogor pada 20 September lalu, dan dinyatakan memiliki berbagai kandungan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, diantaranya adalah Omega 3 dan Omega 6 serta zat berguna lainnya.

Menurut Fisamal dan Joni yang ditemui warta-andalas.com disela kesibukannya melayani para costumer yang datang silih berganti itu, mereka melakukan ujicoba pertama pada 200 ekor ayam, namun kini sudah ribuan ekor ayam yang dapat menelurkan telur organic dengan harga relative tinggi, yakni Rp.2.500 perbutir..

“Selain banyak manfaat yang terkandung dalam telur organic itu, rasa daguing ayamnya pun jauh lebih gurih dibandingkan denga ayam lainnya. Dan sekarang, produksi telur organic kami di Limapuluh kota telah mencapai  8 - 11 ribu perhari,”terangnya.

Ditanya soal rahasaianya, mereka hanya mengatakan, Formula di ramu dari pakan ayam.

Dari hasil formula yang kami ramu untuk pakan ayam itu, lanjut Jon, sesuai hasil labor di ITB pada telur organic kami, mengandung Omega 3 dan 6, untuk pertumbuhan IQ atau otak.

“Bagi mereka yang mengalami daya tangkap lemah, sangat bagus mengkonsumsi telur ini,”ujarnya, tampak meyakinkan.

Ditambahkan, untuk ketahanan telur organic itu dapat bertahan hingga hingga dua bulan tidak membusuk.

Usai penutupan Sumbar Ekspo pada Minggu (17/11) sore kemarin, Fisamal mengaku kebanjiran order yang datang dari berbagai Provinsi, yang mencapai sekitar 50 ribu butir telur.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Usaha Dan Pengolahan Hasil, Dinas Peternakan Provinsi Sumbar, Ir. Harmen menambahkan, pihaknya tengah mengusahakan untuk registrasi kandang agar lebih mudah memonitor dari mana sumber telor terkait hiegenisnya.

“Untuktelur organic ini, kami akan terus memberikan suport pada seluruh lini, termasuk modal dan pemasaran dan kendala lainnya, agar kedepan lebih bagus lagiagar usahanya terus berkembang,” ujarnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)