Purbalingga

Humas Tidak hanya Jadi Corong Tapi Juga Telinga Pemkab

Warta Andalas | Rabu, 16 Mei 2018 - 13:17:29 WIB | dibaca: 120 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Rabu (16/5) menyelenggarakan pertemuan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dalam lingkup pemerintah Kabupaten Purbalingga. Acara yang diselenggarakan di Operational Room Graha Adiguna kompleks Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga ini dihadiri oleh masing-masing humas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD dan humas tiap kecamatan.  

Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE B.Econ dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan positif ini.  “Diharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan silaturahmi antar humas di OPD, BUMD maupun kecamatan, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan fungsi kehumasan sebagai fungsi strategis hubungan masyarakat dalam pelayanan komunikasi dan informasi publik.

Wakil Bupati Tiwi juga berpesan agar humas tidak hanya berperan sebagai corong dari pemerintah saja, melainkan juga bisa berperan sebagai telinga. Diantaranya yakni mampu mendengar dan menangkap keluhan ataupun aspirasi masyarakat. Sehingga apa yang masyarakat sampaikan bisa terakomodasi oleh pemerintah.

“Saya perhatikan beberapa OPD juga sudah memiliki media sosial seperti Facebook ataupun Twitter. Ini sangat bagus sekali sebagai sarana publikasi program ataupun kinerja. Misalnya DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), saya lihat sudah melaksanakannya, masyarakat juga terlihat antusias memberikan informasi kerusakan jalan dan jembatan, sehingga masyarakat merasa memiliki wadah dalam penyampaian keluhan itu,” papar Wakil Bupati kelahiran 11 April 1987 ini.

Terkait dengan kegiatan Bakohumas yang bertemakan Sukses Pilkada Jawa Tengah 2018 ini Wabup Tiwi berpesan agar bisa terselenggara dengan sukses. Diantaranya sukses secara yuridis yakni bisa terlaksana sesuai rule of the law. Sukses partisipatif, yaitu ketika pelaksanaan pilkada partisipasi pemilihnya meningkat. Sukses sosiologis, diharapkan bisa sukses memilih pemimpin yang baik yang dapat membawa rakyat kepada kesejahteraan dan kemakmuran.  

“Sukses administrasi teknis dan administratif, jadi jangan sampai Pemilu meninggalkan persoalan administrasi. Kemudian juga harus sukses sekuriti, bagaimana kondusifitas sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan pemilu terjamin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kabupaten Purbalingga, Drs Sridadi MM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan fungsi Bakohumas dalam mendukung kebijakan pemerintah. Diantaranya agar terwujud para insan Bakohumas memahami peran dan fungsinya khususnya dalam Pelaksanaan Informasi Pilkada. Adapun narasumber dalam acara ini yakni dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Panitia Pengawas Pemilu dan dari pihak Kominfo sendiri. (Gn/Humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)