Padang

Humas Pemerintah Perlu Kuasai Pembuatan Berita

Warta Andalas | Selasa, 11 Desember 2018 - 22:02:51 WIB | dibaca: 157 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Humas Provinsi Sumatera Barat mengadakan Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Humas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Humas Kab/Kota se Sumatera Barat dalam rangka meningkatkan bagi Aparat Humas OPD di lingkungan Pemprov. Sumbar untuk mampu menulis pres release program / kegiatan masing-masing OPD yang dilaksanakan, Selasa (11/12/2018) di ruang rapat Istana Gubernuran.

Dalam laporan Panitia Kepala Bagian Penyelenggaraan Informasi Pimpinan Zardi Syahrir, SH, MM, menyampaikan Bimbingan jurnalistik ini akan mengajarkan teknik-teknik penulisan yang akurat yang mengedepankan subsansi kegiatan yang perlu disampaikan atau dipublikasikan kepada masyarakat.

"Pentingnya kegiatan ini, selain untuk mengetahui teknis-teknis penulisan, juga untuk membuka mata para aparat Humas agar di setiap kegiatan OPD mengetahui mana yang lebih substansial untuk dipublikasikan," ujar Zardi.

Karena itu, kata Zardi, teknis penulisan yang akurat perlu di berikan kepada aparat Humas OPD, sehingga nantinya dapat menyuguhkan berita informasi kegiatan masing-masing untuk diketahui masyarakat. Dengan adanya penyebarluasan informasi akan terlihat peran dan fungsi aparatur humas pemerintah dengan menyuguhkan berita-berita terkini terhadap lembaganya sendiri.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar Herarof, yang memberikan materi teknis penulisan kepada para aparat Humas, menjelaskan, selain teknis penulisan harus dilengkapi dengan unsur 5 W plus 1 H (what, when, why, who, where + how), penulis atau pembuat rilis di OPD masing-masing, juga harus mengetahui mana yang substansial dari kegiatan itu untuk dipulikasikan.

"Kegiatan di Pemerintahan cukup banyak yang subtansial untun dipublikasikan kepada masyarakat. Jangan hanya seremonialnya saja, masih banyak lagi kegiatan diluar yang perlu disampaikan, ini tergantung bagaimana kita menyikapinya, apalagi kegiatan merilis ini dan langsung beritanya langsung turun di media, adalah kebanggaan tersendiri bagi yang membuat rilis tersebut," kata Herarof.

Acara Pelatihan Jurnalistik ini dihadiri dari aparat Humas OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi dan beberapa Kab/kota dengan jumlah peserta 70 orang yang diselenggarakan selama tanggal 11 Desember 2018 di ruang rapat Istana Gubernuran. (rel)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)