Sijunjung

Hujan Lebat, Jalinsum Bukik Sabalah Tanjung Lolo Tertimbun Longsor

Warta Andalas | Jumat, 12 Oktober 2018 - 22:28:22 WIB | dibaca: 185 pembaca

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG – Lagi, kawasan jalan lintas sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, tertimbun longsor. Akibat hujan deras berkepanjangan sejak Kamis hingga Jumat (11-12/10/2018) ruas Jalinsum di Km 137 Bukit Sabalah, Jorong Pandam, Tanjunglolo, Tanjung Gadang tertimbun longsor.

"Peristiwa bencana alam itu terjadi pada Jumat (12/10/2018) sekitar pukul  09.30 WIB. Selain menyebabkan bukit  longsor bencana juga membuat pohon tumbang  yang mengakibatkan tertutupnya  sebagian badan jalan oleh material longsoran berupa batu cadas dan tanah  serta  batang pohon yg tumbang," ucap Kapolsek Tanjung Gadang, Iptu Zamrinaldi,SH pada awak media Jumat (12/10/2018).

Dilaporkan kapolsek, akibat bencana longsor yang menimbun badan Jalinsum itu mengakibatkan terganggunya arus lalulintas di Jalinsum pada kilometer 137 di Bukit Sebelah.

Setelah mengetahui kejadian tersebut kemudian Kapolsek Tanjung Gadang  bersama anggota segera meluncur ke TKP longsor dan langsung memimpin untuk pembersihan badan jalan dengan cara menyingkirkan batu dan tanah dengann peralatan yang ada serta memotong batang pohon yang tumbang dengan menggunakan mesin cinshaw inventaris milik Polsek Tanjung Gadang.

Saat pukul 10.30 WIB, kegiatan pembersihan badan jalan terpaksa di hentikan sementara karena masih hujan serta tanah dan bebatuan masih turun dari atas bukit tersebut.

Meski begitu,  namun arus lalu lintas sudah  mulai berjalan lancar walau pun masih menggunakan separuh badan karena separuh badan jalan lagi masih tertutup oleh material lonsor.

Hingga saat ini Kapolsek Tjg Gadang sudah menghubungi BPBD Kabupaten Sijinjung dan pengawas jalan propinsi yang berada di Muaro Takung.

Seperti dilaporkan Kapolsek Tanjung, ia bersama Forkompincam melihat cuaca samapai sekarang masih  turun hujan  disamping membantu kelancaran pembersihan badan jalan  dan mengatur lalulintas tetap siaga kalau terjadi longsor susulan.

Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan membenarkan peristiwa longsor tersebut. "Ya, anggota kita sudah berada dilokasi membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan," ucap Hardiwan dibalik telepon selularnya pada awak media Jumat (12/10/2018). (sr)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)