Purbalingga

HPN 2019 : Dari Sosialisasi Pemilu Hingga Pugar RTLH

Warta Andalas | Senin, 11 Februari 2019 - 09:21:07 WIB | dibaca: 58 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Hari ke-2 dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 dan HUT Ke 73 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Purbalingga dilaksanakan berbagai kegiatan, Sabtu (9/2/2019). Diantaranya dimulai dari Gowes Bareng Plt Bupati Purbalingga, Forkopimda, PWI Purbalingga dan para komunitas pesepeda.

Gowes Bareng ini terhenti sejenak di pasar Bancar Badog Centre (BBC), Kelurahan Bancar. Bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Purbalingga, para peserta Gowes ini turut mensosialisasikan Pemilu 2019, baik melalui leaflet, penjelasan teknis pencoblosan dan penjelasan spesimen surat suara yang bakal dipakai.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengatakan di tahun politik ini juga seringkali dimanfaatkan untuk kampanye hitam, hoax dan penebar kebencian. “Kami bersama PWI mengajak kepada masyarakat untuk bisa menebarkan virus positif dan kedamaian. Meskipun tahun politik, kerukunan harus tetap terjaga. Dalam demokrasi perbedaan pilihan adalah hal biasa, yang terpenting jangan sampai terpecah belah,” ungkapnya.

Beranjak dari BBC, rombongan Gowes Bareng melanjutkan perjalanan melintasi Kelurahan Kedungmenjangan - Mewek kemudian kembali berhenti di Desa Grecol Kecamatan Kalimanah. Pada kesempatan ini PWI Purbaingga melalui Pemkab Purbalingga menyerahkan bantuan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Riyono di RT 03 RW 01 senilai Rp 10 juta dan tambahan bantuan material yang lain. Proses serah terima bantuan ditandai dengan peletakan batu pertama pondasi oleh Plt Bupati Tiwi, diikuti suami, Rizal Diansyah SE kemudian perwakilan Forkopimda dan Asisten Sekda.

Tujuan akhir Gowes Bareng sekaligus puncak acara peringatan HPN 2019 yakni Tasyakuran yang bertempat di Sekretariat PWI Purbalingga, Jalan Wirasaba atau Gang Mayong. Dalam sambutannya, Plt Bupati Tiwi mengapresiasi berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan PWI Purbalingga dalam peringatan HPN 2019 ini. Mulai dari apresiasi seni dan sastra pada Jumat (8/2) lalu dan hari ini.

“Tadi juga ada pemugaran RTLH, artinya PWI juga peduli dan memberikan perhatian yang luar biasa kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mudah mudahan PWI senantiasa eksis, dapat terus berkarya, mengedukasi masyarakat, memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat dan terus berkiprah memberi maslahat kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PWI Purbalingga, Joko Santoso SSi mengatakan rangkaian kegiatan peringatan HPN 2019 kali ini cukup lengkap. Ia berharap di usia PWI yang semakin tua ini sebagai insan pers untuk bersama sama saling intorspeksi, dan meneropong tantangan pers ke depan yang semakin berat.

“Tantangan di era internet, dan media sosial kita punya musuh bersama yaitu informasi Hoax,” katanya.

Tantangan tahun politik, menurutnya pers punya banyak agenda, banyak PR dan tugas-tugas untuk turut mensukseskan Pemilu 2019 dan mengatasi polarisasi di masyarakat.  Ia juga berharap antara insan pers, pemerintah dan sejumlah stakeholder untuk terus menjalin sinergitas yang positif. (Gn/Humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)