Purbalingga

HKN ke-54 Momentum Refleksikan Keberhasilan Pembangunan Kesehatan

Warta Andalas | Senin, 12 November 2018 - 14:18:45 WIB | dibaca: 99 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke - 54 tahun 2018 adalahmomentum merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur dan  lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga Wahyu Kontardi, SH. membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI pada upacara peringatan HKN ke-54 Kabupaten Purbalingga di halaman pendopo Dipokusumo Purbalingga, Senin pagi (12/11).

“Melalui HKN, mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing,” kata Wahyu.

Wahyu melanjutkan, Kementerian Kesehatan telah berupaya mencapai derajat kesehatan dengan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat (germas). Dengan germas, kita mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa indonesia yang kuat.

“Peringatan HKN ke- 54 ini momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif,” katanya.

Wahyu juga mengingatkan pada para kepala dinas dan kepala puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing. Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam upacara tersebut, Sekda Wahyu Kontardi, SH dan juga Ketua DPRD Tongat, SH. MM. berkenan menyerahkan berbagai penghargaan di antaranya juara lomba Desa Sehat Mandiri, Sertifikat Akreditasi Puskesmas, serta penghargaan sebagai juara 3 dan juara harapan 2 festival film kesehatan tingkat Provinsi Jawa Tengah dan juara 1 lomba duta lingkungan sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diraih SDN 1 Mangunegara Kec. Mrebet. (t/ humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)