Sawahlunto

Hari Pertama, Tim 24 TSR Pemko Sawahlunto Kunjungi Surau Gadang Talawi Hilir

Warta Andalas | Rabu, 23 Mei 2018 - 13:12:29 WIB | dibaca: 214 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Memasuki hari pertama jadwal kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) yang akan dilaksanakan selama 3 hari, sebanyak 30 tim sudah mulai berjalan. Diawali dengan buka puasa bersama oleh seluruh Tim Safari Ramadhan kota Sawahlunto di rumah dinas Walikota, Selasa (22/5) sore, rombongan tim 24 yang dipimpin Efriyanto langsung bergerak menuju Surau Gadang yang berada di dessa Talawi Hilir kecamatan Talawi.

Kedatangan rombongan yang masing-masing beranggotakan Wulan Mayasari, S.Pd (anggota DPRD Sawahlunto), Afridarman, SE, Akmal Weris S.Ag, Drh. Heni Prihantini, Syaiful Adri, Donny Warman, S.Pdi, Syukri, S.Sn dan Amin P itu disambut hangat seluruh jama’ah surau tersebut.

Usai sholat Isya berjamaah dan dilanjutkan dengan Tarawih bersama serta penyerahan dana bantuan Pemko sebear Rp.7,5 juta kepada Garim surau Yuherman disaksikan Ketua surau Syamsi Nurdin Pokie Dullah, Ketua Tim TSR 24 mengingatkan untuk terus menjaga silaturrahmi.

Menurutnya, tujuan Tim Safari Ramadhan Pemerintah kota Sawahlunto ini   adalah dalam rangka menjalin silatirrahmi dan ukhuwah pemerintah dengan masyarakat.

“Tahun lalu TSR lebih banyak turun ke Masjid, namun tahun ini lebih banyak ke mushola atau surau,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, juga untuk menyampaikan informasi tentang program dan pembangunan Pemko Sawahlunto, serta membawa bantuan dan menyerap aspirasi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan dari Kepala daerah, diantaranya agar ditengah kemajuan technology ini masyarakat dapat menyaring atau memfilter informasi yang diterima.

“Sat ini sangat banyak informai dan berita hoax yang cukup meresahkan. Untuk itu, hendaknya kita dapat memfilter berita-berita yang ada, khususnya bagi anak anak yang harus diawasi dalam menggunakan internet. Begitu juga soal Narkoba, jangan sampai anak anak kita terjebak daalam penyalahgunaan Narkoba,” sebutnya.

Dikatakannya, hal yang juga perlu diawasi adalah adanya anak-anak remaja kita yang mulai kecanduan ngelem. “Ini harus diawasi,” tandasnya.

Dalam pemaparannya, Efriyanto juga menyampaikan bahwa Pemda terus melakukan perbaikan di seluruh bidang, termasuk infrastruktur dan sarana kantor pemerintahan sehingga pelayanan pada masyarakat akan lebih maksimal.

“Meski belm semuanya tercapai karena keterbatasan anggaran, namun kedepan Pemko akan terus melakukan optimaliasi penyerapan anggaran,  salahsatu caranya adalah dengan memaksimalkan pendapatan daerah,” katanya.

Sementara itu, ustadz  Donny Warman dalam tausiyyahnya meriwayatkan nabi Idris AS, tentang sakitnya saat dicabut nyawa. Untuk itu, ia mengingatkan seluruh jamaah akan datangnya kematian yang tak bisa diduga kapan datangnya.

“Akan tetapi, bagi orang yang bertaqwa, kematian itu akan terasa sangat  nikmat. Ingin matinya seperti para nabi?, caranya adalah selalu mengingat Allah dan perbanyak Sholawat,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sesi dialog jamaah Suarau Gadang meminta pada pihak Pemko untuk normalisasi sungai.

“Kami telah selesai membangun daam penahan Masjid yang berada di bantaran sungai. Dan sekarang kami mmebutuhkan tanah untuk menimbun agar daam tersebut akan lebih kuat. Untuk itu, kami mmeinta untuk proyek normalisasi,” ujar para jamaah, serentak.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Sawahlunto dari Dapil Talawi, Wulan Mayaari menyampaikan bahwa hal tersebut akan disampaikan pada lebaganya.

“Usulan ini akan saya sampaikan pada lembaga DPRD terkait anggaran mengingat anggaran perubahan 2018 akan mulai segera dibahas. Dan kita akan melihat skala prioritasnya,” pungkas politisi partai NasDem itu. (ap)

 

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)