Agam

Halal Bi Halal, Sahari Raso di Mangopoh

Warta Andalas | Selasa, 31 Juli 2018 - 09:35:35 WIB | dibaca: 208 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Bupati Agam Indra Catri meminta kegiatan perantau pulang basamo dapat dibudayakan secara terus menerus untuk menjalin tali silaturahim dengan masyarakat di kampung halaman.

“Dengan sering pulang, hubungan semakin dekat semakin baik, dan Allah SWT akan memperpanjang umur dan menurunkan rezeki dan menyejahterakan masyarakat tersebut,” kata bupati saat menghadiri acara halal bi halal Ikatan Keluarga Srikandi Manggopoh, di Gedung Gelanggang Remaja Tanjung Priuk Jakarta Utara, Minggu (29/7) malam.

Acara halal bi halal ini rutin diadakan tiap tahun dengan mengusung tema “Sahari Raso di Manggopoh”.

Bupati mengapresiasi kegiatan halal bi halal yang diselenggarakan oleh warga Manggopoh dalam merajut tali silahturahim diantara sesama.

Terkait hal itu, bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut gembira kedatangan sanak saudara yang pulang kampung, karena selain untuk mempererat rasa kekeluargaan, peran perantau yang sangat besar bagi pembangunan dan kemajuan daerah,” kata bupati dihadapan ribuan perantau.

Diharapkan agenda pulang basamo dapat menyatukan dan tercipta saling harga menghargai antara perantau dengan masyarakat karena hal ini merupakan modal untuk kemajuan daerah.

“Saya berharap tahun depan, Ikatan Keluarga Srikandi Manggopoh juga melakukan pulang basamo,” pinta bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga meminta kepada perantau Manggopoh untuk mendukung penuh kegiatan dan program pemerintah daerah dalam memajukan pembangunan di nagari.

“Saya minta kepada seluruh tokoh masyarakat baik di kampung dan di rantau, untuk bersama-sama mensukseskan rencana lanjutan jalan jalur dua dan pembangunan tugu Siti Manggopoh yang berada di pertigaan jalan Simpang Gudang,” pinta bupati.

Tampak hadir rombongan diundang khusus oleh panitia alek, mulai dari wali nagari, Bamus, KAN, dan juga unsur lembaga nagari yang dipimpin langsung oleh Wali Nagari Manggopoh Ridwan.

Acara kali ini juga di meriahkan oleh artis Minang dan juga berbagai kesenian Anak Nagari dan juga Kuliner serta kerajinan dari Nagari Manggopoh. Pada acara itu juga diperkenalkan produk unggulan nagari yang langsung dibawa ke tempat acara, seperti lele salai, abon lele, coklat olahan, keripik pisang berbagai rasa.

Termasuk menyampaikan pencanangan 1.000 kolam terpal dan pembibitan tanaman buah buahan khususnya kelapa.

Walinagari Manggopoh Ridwan, berharap kepada perantau untuk membangun Rumah Gadang Rang Manggopoh di Jakarta.

“Adanya gedung pertemuan ini, selain tempat musyawarah juga bisa dijadikan tempat persinggahan bagi sanak kemenakan apabila pergi berlibur ke Jakarta,” pintanya.(khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)