Sawahlunto

Gunakan Bios 44, Hasil Panen Keltan Hamparan Pasaunan Meningkat

Warta Andalas | Jumat, 09 Agustus 2019 - 11:34:49 WIB | dibaca: 119 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Dibawah binaan H. Jon Reflita melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaannya, hasil panen kelompok tani Hamparan Pasaunan di desa Talawi Hilir Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, melakukan panen perdana pada Kamis (8/8) dengan hasil yang melimpah, setelah berhasil melakukan ujicoba menggunakan Bios 44.

Menurut Jon Reflita atau yang akrab disapa Jon BMK, percobaan tersebut dilakukan setelah ia mendengar adanya formula Bios 44 yang dapat menyuburkan tanah atau lahan pertanian, sejak 3 bulan yang lalu. Kemudian ia pun melakukan kerjasama dengan pihak TNI, yaitu Kodim 0310/SSD untuk mendapatkan Bios 44 tersebut.

“Kita memiliki lahan sawah tadah hujan seluas 14 hektar, yang biasanya hanya bisa panen satu kali dalam setahun, dan itupun dengan hasil yang tidak maksimal karena lahan yang tidak subur. Namun dengan menggunakan Bios 44 ini, Alhamdulillah sekarang sudah bisa panen sejak ditanam 3 bulan lalu, dan hasilnya sangat melimpah,” paparnya.

Untuk perbandingan hasilnya sendiri, lanjut Jon BMK, dari musim tanam sebelumnya hanya 2,64 ton per hektare, setelah menggunakan Bios ini kita bisa menghasilkan 4,97 ton perhektare. Jadi kita surplus 2,33 ton.

Sementara itu, Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Dwi Putranto, S.A.P., M.I.Pol yang hadir dalam panen tersebut mengatakan bahwa pihak TNI tidak ada niat komersial dan paksaan dalam penggunaan Bios 44.

“Hasilnya sudah dapat dilihat bersama-sama. Untuk diketahui, Bios 44 diusung oleh Danrem Wirabraja Brigjen Kunto Arief Wibowo sewaktu menjadi DANREM di Palembang Sumatera Selatan,” sebutnya.

Hal senada juga dikatakan PPL wilayah Binaan kecamatan Talawi, Sutiman. Menurutnya, setelah menggunakan Bios 44 itu banyak perbedaan yang terjadi, seperti pohon padi yang lebih tinggi serta anakan yang lebih banyak dan subur.

“Selain itu, juga tidak lagi terkendala dengan air, dimana sebelumnya harus mengaliri sawah itu sedikitnya 2 kali. Tetapi sekarang hanya cukup satu kali saja,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Satiman juga mengajak pada para Kelompok Tani yang ada di Sawahlunto untuk turut serta menggunakan Bios 44, yang sudah terbukti hasilnya sangat menguntungkan. (ap) 

Ini Link Videonya:

 https://www.youtube.com/watch?v=Tf2DuIHasgQ&t=238s 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)