Sawahlunto

Gelar Touring All Bikers, Forum BPKB Angkat Hasjonni Jadi Pembina

Warta Andalas | Minggu, 12 Februari 2017 - 19:54:40 WIB | dibaca: 489 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Sedikitnya, 13 club Bikers kota Sawahlunto Sumatera Barat yang tergabung dalam naungan forum Bikers Pelopor Keselamatan Berkendara (BPKB), diantaranya SYM-C, PMC, BSC, B-MAC, RSTC, COC, YRKT, Kombes, DPC, KM2C, YVC-I RS Prospect Chapter Sawahlunto, YMCS dan GLOW sepakat untuk mengangkat Hasjonni SY, SE, MM sebagai salahseorang pembinanya.

 

Kesepakatan tersebut dicetuskan saat melakukan camping bersama di cottage Tampuo kawasan wisata Lembah Harau kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (11/2) malam.

Menurut Ketua BPKB, Yulisman alias Jang Patuih, kegiatan tersebut digelar sebagai rangkaian peringatan hari jadi atau aniversary BPKB ke 2 yang jatuh pada 16 Maret mendatang, sekaligus sebagai ajang sosialisasi kemitraan bersama komunitas Bikers Sawahlunto dan Polres setempat.

 

Dihadapan seluruh anggota club, da Jang menyatakan memberi apresiasi yang tinggi pada Hasjonni yang telah mendukung hingga terlaksananya kegiatan itu, dan semua bantuan fasilitas tempat dan konsumsi yang disediakannya.

Usai mendengarkan pendapat serta harapan dan masukan dari seluruh Ketua club, da Jang mengatakan bahwa BPKB akan segera melakukan pemilihan Ketua dan kepengurusan baru untuk satu tahun kedepan.

Apapun motornya, kita adalah bersaudara. Sebab, kita satu hoby. Dan mengingat vacumnya BPKB sejak  beberapa bulan terakhir, maka perlu adanya sosok yang mampu menjadi pengayom, menjadi panutan serta mampu memberikan motivasi bagi kita semua sehingga keberadaan kita sebagai pelopor keselamatan berkendara ini dapat terus eksis,” ujarnya.

 

Dan untuk kegiatan kali ini merupakan pertama kalinya yang hingga camping, karena pada kegiatan-kegiatan sebelumnya kita hanya melakukan touring berangkat pagi pulang sore dan tak pernah ada acara diskusi seperti mala mini.

“Alhamdulillah ide kegiatan yang saya sampaikan pada Hasjonni beberapa waktu lalu, langsung direspon dan bahkan saat ini ia bersama seluruh keluarganya turut bergabung bersama kita. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kita di BPKB, dimana Pimpinan DPRD kita mau bergabung menjadi bikers,” terangnya.

Mengakhiri diskusi malam itu, seluruh club menyatakan mengangkat Hasjonni sebagai salahseorang Pembina di BPKB.

 

Menanggapi hal tersebut, Hasjonni berharap agar kedepan club ini akan mampu menjadi yang lebih baik serta menemukan jati diri di masing-masing club.

Namun demikian, lanjut Hasjonni, saya berharap BPKB ini bukan saja hanya sebuah wadah bagi para club Bikers yang ada di kota Sawahlunto, akan tetapi lebih dari itu BPKB harus mampu mendorong berbagai kegiatan positif bagi anggotanya, khususnya di bidang ekonomi.

“Sebab, jika akan terus seperti ini atau kegiatannya hanya sebatas touring, maka akan sulit untuk berkembang. Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan KTA bagi seluruh anggota club, dan kemudian menyusun rencana atau program terkait ekonomi anggotanya,” sebutnya.

Lebih jauh, dihadapan 106 Bikers yang hadir, Hasjonni juga menyebutkan bahwa pertemuan malam itu diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi kemajuan BPKB. “ Jika program ekonomi bagi anggotanya telah berjalan, saya yakin kedepannya anggota BPKB ini akan terus bertambah. Sebab, selain dapat menyalurkan hoby bermotor, kebutuhan ekonomi mereka juga dapat terpenuhi,” imbuhnya.

 

Ditengah aplouse seluruh bikers yang tampak semangat berorganisasinya tergugah, Edward dari CBR Sumbar dan bikers dari Jambi yang ikut hadir malam itu menyatakan memberi apresiasi melalui isyarat dua jempolnya.

Sedangkan Imam, dari BSC Sawahlunto menyatakan bahwa hal itu merupakan sebuah terobosan baru di BPKB yang dapat lebih memperkuat rasa persaudaraan. “Sebab jika kegiatannya hanya touring dan hanya berkendara saja, tidak akan bisa seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, mewakili COC, Yulisman kembali menyampaikan harapannya agal kegiatan itu menjadi sebuah langkah awal penambah semangat persaudaraan antar bikers. Hal senada juga dikatakan Rano Pramono alias Unying dan Ucis dari PMC. Mereka berharap kegiatan itu akan menjadi agenda rutin, serta melengkapi kegiatan dengan berbagai kegiatan lain seperti adanya game sebagai penambah semaraknya acara.

 

Sementara itu, Boroy menambahkan bahwa Hasjonni merupakan tokoh masyarakat yang sangat merakyat. Sangat jarang seorang public figure mau bergabung dengan kami (bikers.red) dengan melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

“Ini merupakan wujud dari kepedulian wakil rakyat yang dapat menumbuhkan semangat kami, sekaligus menjadi sebuah motivasi bagi kami. Sebab, kami yang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan sangat membutuhkan dorongan serta bimbingan dan arahannya, sehingga kedepan keberadaan kami dapat memberikan arti bagi masyarakat,” ujar tokoh pemuda Sawahlunto yang juga merupakan Ketua KomPAS itu.

Tampak hadir dalam kesempatan malam itu, Ketua Ikatan Trail Adventure (ITA) kota Sawahlunto yang sekaligus merupakan Sekertaris ITASumatera Barat, Deri Asta, SH yang menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para bikers, sambil menikmati secangkir kopi.

Kapolres Harapkan BPKB Jadi Contoh Pelopor dan Panutan Tertib Lalu Lintas

 

Sementara itu, dalam sambutan pelepasan touring di Mapolres yang diawali dengan sosialisasi sejumlah undang-undang dan peraturan seputar Lalu Lintas, Kapolres Sawahlunto, AKBP. Riyadi Nugroho, S.IK mengatakan bahwa kegiatan itu sempat tertunda beberapa waktu lamanya karena pergantian Kasat Lantas dan berharap kegiatan ini dapat membawa ke arah yang lebih baik.

Kapolres menyampaikan, ada beberapa hal pencapaian yang ingin disosialisasikan, terutama bagi pengendara motor. Diantaranya helam standar, knalpot racing yang cukup meresahkan masyarakat dan harus ditertibkan, serta pengendara dibawah umur.

“Saya sudah keliling ke seluruh desa, banyak yang seperti itu. Untuk itu, pada para bikers saya berharap untuk turut mensosialisasikan tertib lalulintas untuk keselamatan berkendara. Sebab rata-rata fatal kecelakaan itu ada dikepala, apalagi tak pakai helem,” pintanya.

 

Selain itu, Kapolres juga berharap agar kegiatan bikers dapat menjadi contoh pelopor dan panutan bagi tertib lalu lintas. Usai memberikan sambutan, Kapolres melakukan penyematan PIN touring secara simbolis kepada masing-masing perwakilan club.

Kesempatan pelepasan touring itu juga dimanfaatkan Kasat Lantas Polres Sawahlunto, Iptu  Aditya Lidarman untuk melakukan sosialisasi safety riding, terkait kelengkapan kendaraan untuk kenyamanan dan keselamatam bagi pengendara dan orang lain, serta mentaati rambu rambu dan mendahulukan pejalan kaki sesuai aturan yang ada.

“Kita harus menghargai sesama pengguna jalan, karena sama sama punya hakuntuk selamat,” tandasnya.

 

Dalam sosialisasi itu, ia juga mmberikan hadiah bagi 5 peserta yang dapat menjawab dengan benar, terkait Safety Riding.

Selain Kasat Lantas, Kanit Patroli Iptu Danny Salman juga memanfaatkan waktu itu untuk melakukan sosialisasi PP No. 60 tahun 2016, tentang pajak kendaraan.

Mengakhiri rangkaian acara pelepasan, koordinator kegiatan touring, Alfinaldi Byom memberikan arahan untuk keselamatan, diantaranya kode-kode perjalanan terkait kondisi kecepatan dan situasi jalan raya yang harus dipahami seluruh peserta. (ap)






Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)