Sawahlunto

Gelar Rakor, Warga Kelurahan Pasar Usulkan BUMKel

Warta Andalas | Kamis, 02 Februari 2017 - 16:35:15 WIB | dibaca: 154 pembaca

WARTA ANDALAS SAWAHLUNTO – Sebagai kepala pemerintahan Kelurahan Pasar yangmasih tergolong baru, Syafriadi bertekad untuk memajukan wilayahnya, yakni kelurahan Pasar kecamatan Lembah Segar, kota Sawahlunto Sumatera Barat.

Hal itu ditandai dengan telah dilaksanakannya beberapa kali pertemuan bersama aparatur di kelurahannya serta para tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dan masyarakat umum lainnya, yang sebelumya telah diawali dengan perkenalannya sebagai lurah di wilayah itu.

Kamis, (2/2) pagi, Syariadi didampingi sekertarisnya Melia Rosalinda dan Ketua LPM setempat, Alamsyah Halim, kembali menggelar rapat koordinasi yang menghadirkan seluruh Ketua RT, RW, Linmas, LSM, LPM, BPD, Karang Taruna serta beberapa jajaran lainnya.

Menurutnya, hal tersebut sengaja dilakukan untuk menyerap aspirasi atau keinginan dan menerima saran dan pendapat serta kritikan dari masyarakat, untuk kemajuan wilayahnya.

Dari Rakor ini, ujar dia, kita akan menampung berbagai aspirasi dari warga, yang kemudian akan kita evaluasi dan kita tindaklanjuti.

“Apalagi sebagai lurah yang baru di sini, saya merasa perlu melakukan koordinasi dengan semua jajaran pemerintahan kelurahan ini, serta pihak Pemerintah Kota untuk kelangsungan rencana kerja dalam program pembangunan kami,” terangnya.

Selain itu, dalam Rakoor yang digelar di ruang rapat kantor lurah tersebut, juga dimanfaatkan untuk membahas berbagai rencana program kegiatan yang akan dilakukan di tahun 2017 ini. Salah satunya adalah persoalan sampah, khususnya yang berada di kawsan Kampung Telang atau pasar kota.

Sedangkan Ketua LPM, Alamsyah Halim mengusulkan pendirian Badan Usaha Milik Kelurahan atau Bumkel seperti yang ada di desa dengan program BUMDes,  sebagai pemasukan untuk kebutahan. Dan ia juga berharap hal itu dapat dikoordinasikan pada pihak Pemko.

Tak hanya itu, ia juga mengusulkan pengelolaan sumber air untuk disalurkan ke rumah-rumah warga.

Menyikapi hal itu, Syafriadi menyambut baik ide tersebut untuk kesejahteraan organisasi dan masyarakat, sepanjang dilakukan secara transparan dan pengelolaan yang profesional.

Ia juga menyampaikan bahwa rencananya akan memanfaatkan lahan eks rencana pembangunan skylift, untuk bidang usaha pertanian guna meningkatkan pendapatan Linmas.

Sedangkan untuk jangka pendek, akan mencoba memanfaatkan program Sarpras yang selama ini dikerjakan oleh perusahaan, agar memberdayakan Linmas.

Terkait hal itu, diminta Linmas untuk membuat dan mengisi daftar kegiatan sehingga eksistensinya dapat terukur.

“Yang jelas, kita bersama akan menggali potensi pendapatan dengan segala potensi yang ada di kelurahan Pasar. Sebab kami menginginkan, dengan adanya pendapatan itu nantinya akan berdampak pada semangat kerja mereka,” pungkasnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)