Sawahlunto

Gelar Buka Puasa Bersama, Ketua DPRD: Pupuk Sikap Toleransi Antara Umat Beragama

Warta Andalas | Selasa, 29 Mei 2018 - 09:24:14 WIB | dibaca: 277 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Seperti padaa tahun-tahun sebelumnya setiap bulan Ramadhan, pada Ramadhan 1439 Hijriyyah tahun in, DPRD kota sawahlunto kembali menggelar buka puasa bersama atau Bukber, di kantor DPRD setempat, Senin (28/5).

Menurut sekertaris Dewan DPRD Sawahlunto, Drs. Dt. Mukhisis, MM, hal tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan tali silaturahmi antar keluarga besar DPRD, Mupsida serta para tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk terus merekatkan jalinan tali silaturrahmi, sehingga tidak hanya dihadiri oleh keluarga besar anggota DPRD saja, tetapi juga unsur Forkopminda dan para tokoh masyarakat,” sebutnya.

Kegiatan seperti ini, lanjut Sekwan, memang sudah menjadi agenda rutin tahunan untuk mempererat hubungan wakil rakyat dengan unsur forkopimnda, serta elemen masyarakat. Selain itu, juga untuk saling menjaga kaharmonisan hubungan.

“Kami menjaga silaturahmi tidak hanya dalam acara formalitas hari kerja saja, tetapi juga sinergitas tetap terbangun dalam kegiatan keagamaan,” imbuhnya.

Ketua DPRD Beri Tausiyyah Ramadhan

Sebelum memasuki saat berbuka puasa atau sambil menunggu kumandang adzan Maghrib, Ketua DPRD kota Sawahlunto Adi Ikhtibar, SH  yang merupakan Ketua DPC Partai berlambang Ka’bah atau Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kota ini, secara langsung turun untuk memberikan ceramah agama atau tausiyyah bagi seluruh tamu undangan yang hadir sore itu.

Ia berharap, acara buka bersama yang digelar ini juga dapat berpengaruh positif sesuai harapan mempererat persaudaraan, karena melibatkan tidak hanya para pemangku jabatan saja, tetapi juga sejumlah lapisan tokoh masyarakat.

Dikatakan Politikus PPP ini, momen Ramadhan bagi kaum muslim adalah untuk saling berlomba - lomba beribadah dan mencari pahala.

“Sebagai warga Negara, sikap toleransi antara umat beragama hendaknya terus dipupuk, sehingga  mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa merasa aman dan nyaman.

Selain itu, imbuh Adi Ikhtibar, kami harapkan momen Ramadan ini juga menjadi ajang introspeksi diri bagi para warga yang menjalankan ibadah puasa untuk mempertebal iman dan ketaqwaan kepada Allah.

Wakil Ketua DPRD Hasjonni SY, SE, MM: Bukber Diharap Mampu Meningkatkan Rasa Kebersamaan

Politisi Partai Golkar yang kini menduduki kursi Wakil Ketua DPRD kota Sawahlunto, Hasjonni SY, SE, MM menyambut baik momen buka bersama ini.

Menurutnya, momen ini memang sangat penting untuk mempererat jalinan silahturahmi, sekaligus wujud kebersamaan antara keluarga besar anggota daan sekertariat DPRD Sawahlunto serta Forkopimda dan masyarakat.

“Semoga kegiatan yang dilakukan DPRD Sawahlunto setip bulan suci Ramadhan ini mampu menambah motivasi untuk meningkatkan kebersamaan. Kami sangat sependapat dengan mereka bahwa momen Ramadhan ini mampu meningkatkan rasa kebersamaan,” ungkapnya.

Artinya, lanjut Hasjonni, kegiatan ini sebagai media bagi kami untuk mempererat hubungan silaturahmi, baik dengan sesama anggota maupun mitra lainnya sebagai bentuk kerjasama yang baik, yang mana muara akhirnya adalah untuk bersama-sama membangun daerah tercinta ini.

''Dengan kerjasama yang baik, kita berharap akan dapat memajukan daerah agar lebih baik, dan semoga kedepannya apa yang kita harapkan ini dapat terwujud,” pungkasnya.

Wakil Ketua DPRD Weldison: Mari Kita Jadikan Momentum Ramadhan Untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Weldison mengajak agar kegiatan buka bersama tersebut dapat menjadi momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Mari kita jadikan momentum Ramadhan ini untuk meningkatkan kualitas ibadah dan menjaga kerukunan antar umat beragama di kota kita yang multi etnis ini,” ajaknya.

Dikatakan Ketua DPC partai Demokrat Sawahlunto ini, saling menjaga toleransi adalah ciri masyarakat kota Sawahlunto yang terdiri dari berbagai suku, agama dan Ras.

“Untuk itu, mengingat situasi yang terjadi belakangan ini di berbagai daerah, jangan mau kita diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak ingin kita hidup rukun dalam beragama,” sebutnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Sawahlunto Epy Kusnadi, SH, M.Kn, Winarni, SH, Defrizal, S.STP, Ir. Hj. Neldaswenty, H. Afdal, Reflizal, serta sejumlah anggota lainnya bersama keluarga.

Selain itu, juga tampak Kapolres Sawahlunto, AKBP. Zamroni Wibowo, SH, S.IK, Kepala Pengadilan Negeri, Danramil 01 Kapten Inf. Zulfansas, Sekda Sawahlunto Rovanly Abdam, Ketua PWI Subandi, SH beserta puluhan wartawan yang bertugas di kota Sawahlunto, sejumlah Kepala desa dan lurah, serta para tokoh masyarakat.

Menanggapi kegiatan itu, Ketua PWI Sawahlunto, Subandi mengatakan, silaturrahmi yang digelar DPRD ini menandakan bahwa Wakil rakyat merupakan mitranya media dalam bersama-sama membangun kota ini.

“Mewakili semua wartawan yang bertugas di kota ini, kami sangat berterimakasih atas undangan buka bersama dan sholat berjamaah ini.  Tentunya apa yang menjadi program DPRD kedepan, merupakan suport bagi kami sebagai kontrol sosial, untuk bersama membangun Sawahlunto menjadi lebih baik lagi,” ujarnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)