Lintas Provinsi

Gelanggang Siborong-Borong Gelar Pacuan Kuda Bupati Taput Cup Seri II

Warta Andalas | Selasa, 13 Juni 2017 - 19:34:10 WIB | dibaca: 395 pembaca

WARTA ANDALAS, TARUTUNG - Sukses menggelar kejuaraan pacuan kuda,Minggu (29/5) lalu, kembali Gelanggang Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menggelar Pacuan Kuda Bupati Taput Cup Seri II, Minggu (18/6) mendatang.

Kejuaraan open race yang digelar kerjasama Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) kabupaten dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara itu menggelar pacuan kelas A jarak 1.400 M, kelas B jarak 1.400 M serta kelas tradisional devisi I jarak 1.200 M, tradisional devisi II jarak 1.200 M, tradisional devisi III jarak 1.200 M dan tradisional pemula jarak 1.000 M.

Ketua Panitia Open Race Pordasi Cup Edwar Hutabarat menyatakan kejuaraan ini sebagai upaya mengairahkan kembali peternakan kuda local Sumatra Utara dan meningkatkan membinaan olahraga pacuan kuda yang seharusnya rutin digelar digelanggang peninggalan Belanda ini.

“Kejuaraan ini juga dapat meningkatkan kunjungan wisata terlebih olahraga pacuan kuda atau “Hoda Masiadu “ yang telah mentradisi di Tapanuli ini akan mengundang perhatian masyarakat ditiga kabupaten
tersebut. Dan direncanakan diikuti tim propinsi tetanggan Sumatra barat dan Aceh” jelas Edwar .

Sebelumnya, Ketua Panitia Open Race Pordasi Toto Lumbantoruan didampingi Sekretaris Ahmad Supriadi Lopez menyatakan disamping telah menjadi kalender tetap Pacuan kuda Pordasi Propinsi Sumut dan Kabupaten Taput sebagai ajang mengairahkan peternakan kuda – kuda didaerah juga mengairahkan pariwisata  yang juga menjadi program pemerintah.

“Tradisi sejak jaman kolonial Belanda “Huda Marsiadu” atau pacuan kuda di gelanggang pacuan tertua di Sumut ini menjadi daya tarik dan sangat disukai masyarakat, terlebih dengan berdatangan kuda daerah lain diluar Sumut” jelasnya. (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)