Padangpanjang

Gantikan Tanin dan Mimosa, UPTD Kulit Matangkan Penggunaan Gambir

Warta Andalas | Selasa, 10 Desember 2013 - 22:38:22 WIB | dibaca: 1049 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANGPANJANG - Setelah sukses melakukan uji coba penyamakan kulit Kambing berbahan Gambir bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (Unand), UPTD Pengolahan Kulit Kota Padangpanjang juga sedang mengupayakan untuk penyamakan kulit dari bahan Kulit Sapi.

Kepala UPTD Pengolahan Kulit Kota Padangpanjang Syuria ketika ditemui menyebutkan, ujicoba yang dilakukan untuk kulit Kambing telah berjalan sukses dan mampu menghasilkan kulit dengan kualitas yang sama, saat penyamakan dengan bahan Tanin lainnya, seperti yang selama ini dilakukan.

“Hasilnya tetap sama, malahan keuntungan dengan bahan Gambir ini, biaya untuk penyamakan kulit Kambing bisa lebih efisien karena bahan baku sudah tersedia di Sumatera Barat, tidak lagi menunggu bahan yang didatangkan khusus dari Jakarta,” sebut Syuria.

Dalam waktu dekat, lanjut Syuria, pihaknya juga akan melakukan uji coba proses penyamakan terhadap kulit Sapi. Apabila uji coba tersebut sukses seperti yang dilakukan pada Kulit Kambing, pihaknya akan menyarankan penggunaan Gambir untuk seluruh proses penyamakan kulit di UPTD tersebut.

“Gambir tidak hanya digunakan sebagai pengganti Tanin pada proses awal penyamakan, tetapi juga bisa digunakan sebagai Mimosa pada proses pengisian tekstur kulit olahan, sebelum proses finishing,” jelas Syuria.

Disampaikannya, untuk proses penyamakan kedepannya, pihaknya akan mengupayakan bahan untuk Tanin dan Mimosa akan menggunakan Gambir. Karena, selain biaya penyamakan yang terjangkau juga hasil yang didapatkan juga sesuai dengan standar pengolahan kulit secara nasional.

“Kekwatiran kita hanyalah ketersedian Gambir ini bisa mencukupi atau tidak, apalagi dengan kebutuhan Gambir tersebut dalam jumlah yang cukup banyak selama proses penyamakan. Jangan sampai terjadi, disaat kita telah menggunakan Gambir, tetapi Gambir itu sendiri sulit untuk didapatkan di pasaran,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand telah melakukan penelitian terhadap pemanfaatan Gambir dalam proses penyamakan kulit di UPTD Pengolahan Kulit Kota Padangpanjang, meskipun baru digunakan untuk penyamakan kulit Kambing. (bento)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)