Payakumbuh

Gandeng Pemkab dan Pemko, Kodim 0306/50 Kota Tanam Seribu Pohon

Warta Andalas | Selasa, 27 November 2018 - 21:58:10 WIB | dibaca: 1552 pembaca

WARTA ANDALAS, PAYAKUMBUH - Dalam rangka hari Juang Kartika yang jatuh pada 19 Desember 2018 mendatang, Kodim 0306/50 Kota menggelar aksi penghijauan di Jalan By Pass kelurahan  Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

"Penanaman seribu bibit pohon tersebut merupaka perintah langsung Mabes TNI yang berinisiatif melaksanakan program penghijauan berkelanjutan di daerah-daerah basis perjuangan PDRI (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota)," ujar Dandim 0306/ 50 Kota,  Letkol Solikhin S.Sos MM melalui Kasdim Mayor HS.Pasaribu usai membuka aksi tersebut Selasa (27/11/2018).

Menurut Dandim, wilayah yang mempunyai sejarah perjuangan kemerdekaan tersebut sudah mulai gersang dan rawan terjadinya bencana alam seperti banjir.

“Dalam merealisasikan program penghijauan ini, kami dari TNI AD menggandeng pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limopuluhkota. Saat ini, kami tanam seribu bibit pohon di sepanjang jalan By Pass Payobasuang. Selanjutnya akan ada aksi penghihjauan di lokasi lain yang masuk wilayah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,” kata Dandim 0306/50 Kota.

Dikatakannya, setiap hari Jumat akan dilangsungkan aksi penghijauan oleh seluruh Koramil yang berada di bawah komando Kodim 0306/50 Kota sebanyak 100 pohon diwilayahnya masing-masing.

“Ini akan menjadi program rutin yang berkelanjutan. Usai peringatan Hari Juang Kartika, program ini akan terus berjalan. Setiap hari Jumat, seluruh Koramil yang berada di bawah komando Kodim 0306/50 Kota akan menanam 100 bibit pohon di wilayahnya. Khususnya di daerah yang sudah gersang dan hulu sungai yang hutannya sudah gundul,” kata Mayor HS Pasaribu.

Sampai saat ini, bibit pohon masih diusahakan secara swadaya oleh Kodim 0306/50 Kota. Namun, diharapkan pada program penghijauan ini pemko Payakumbuh dan Pemkab Limopuluhkota bisa membantu nantinya.

“Semoga permintaan kami untuk bibit bisa dipenuhi oleh Pemerintah Kota Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota. Pasalnya, ini akan menjadi program rutin nanti di tahun 2019,” katanya.

Usai menanami seribu bibit pohon di Payobasuang, Rabu (28/11/2019) akan menanami seribu bibit pohon di Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota. Hal ini akan terus berlanjut sampai puncak peringatan hari Juang Kartika yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2018 mendatang.

Sementara itu, Kabid Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Hepi S.IP menuturkan pada aksi penghijauan yang dilakukan oleh Kodim 0306/50 Kota ini pihaknya mengerahkan 20 tenaga kebersihan sebagai tenaga pembantu. Termasuk 2 truk dan 3 mobil pick up untuk mensukseskan acara penghijauan ini.

Kemudian, bibit pohon yang telah ditanami ini akan diserahkan kepada penanggung jawab pertamanan kota wilayah Kecamatan Payobasuang untuk dirawat dan dijaga.

“Terima kasih kepada Kodim 0306/50 Kota yang membantu penghijauan di Kota Payakumbuh ini. Setelah ini urusan kami yang akan merawat dan menjaga agar bibit ini bisa tumbuh seperti yang diharapkan,” katanya. (yz/sr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)