Kesehatan

Forum Kabupaten Sehat Agam Dinilai Tim Verifikasi Tingkat Nasional

Warta Andalas | Rabu, 21 Agustus 2013 - 21:22:48 WIB | dibaca: 2000 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Agam, dinilai tim verifikasi kabupaten dan kota sehat 2013 tingkat nasional di Sekretariat Forum Kabupaten Agam Kabupaten Lubuk Basung, Rabu (21/8).

Tim verifikasi yang berjumlah 3 orang itu berasal dari Kementrian Kesehatan RI, Kementrian Dalam Negeri RI dan didampinggi oleh tim Provinsi Sumatera Barat disambut oleh oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr Indra, MPPP beserta Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Agam.

KetuaTim Eko menjelaskan, kedatangan tim verifikasi ke Kabupaten Agam untuk melakukan verifikasi ulang terhadap dokumen kegiatan yang diserahkan Forum Kabupaten Sehat Kabupaten itu beberapa waktu yang lalu di Padang.

“Kedatangan kami juga untuk melakukan cek dan ricek serta menyesuaikan dokumen yang diberikan dengan fakta yang dilapangan, ujarnya.

Hal ini katanya, agar realita dilapangan sesuai dengan laporan dalam dokumen tersebut.

Tim yang datang akan menilai tiga indikator yaitu, kawasan permukiman dan sarana umum yang memiliki tatanan sehat, kedua kawasan yang bertatanan sehat mandiri dan ketiga, ketahanan, pangan, gizi dan wisata sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Indra, MPPM mewakili Bupati Agam menyebutkan, Kabupaten Agam masih berorientasi kepada permasalahan perilaku, sanitasi dasar, pelayanan kesehatan dan prasarana penunjangnya.

Menurutnya, mengatasi hal tersebut tidaklah mudah, walaupun daerah ini mempunyai potensi sumber daya dan potensi alam yang memadai.

Jika tidak didukung oleh semangat kemitraan dan sinegritas antara pemeritah, swasta dan masyarakat tentunya tidak akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan Kabupaten Agam kedepan.

"Oleh karena itu, sangat diperlukan sekali sinegritas dari semua lapisan dalam memberikan dampak positif untuk membawa kearah yang lebih baik," ujarnya.

Indra berharap semoga bisa tercapai Kabupaten Agam menjadi kabupaten yang sehat dan mendapatkan nominasi kemenangan di tingkat nasional berhubung ini kali pertama Kabupaten Agam di nilai oleh tim kabupaten dan kota sehat dari tingkat nasional. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)