Sawahlunto

FKUB Sawahlunto Gelar Sosialisasi Pengurus Masjid dan Mushola

Warta Andalas | Kamis, 19 September 2019 - 16:20:04 WIB | dibaca: 112 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Sawahlunto menggelar sosialisasi organisasi bagi pengurus masjid/musalla, Kepala dusun, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta unsur agama lain seperti Kristen Khatolik dan Kristen Protestan, Kamis (19/9).

Ketua FKUB Sawahlunto, Adi Muaris menyebutkan, sosialisasi FKUB diselenggarakan secara serentak hari ini di setiap kecamatan yakni Barangin, Lembah Segar, Talawi serta Silungkang.

"Kita patut bersyukur FKUB Sawahlunto difasilitasi anggarannya oleh Pemerintah daerah dan Kemenag," ujarnya.

Kegiatan tersebut, kata Adi Muaris, bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang tugas pokok dan fungsi didirikan FKUB.

"Kami himbau kepada saudara yang diundang turut menyebarkanluaskan kepada publik apa itu FKUB dan untuk apa dibentuk," katanya, di Aula Kantor Camat Barangin, Kamis (19/9)..

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto Idris Nazar mengungkapkan, FKUB adalah forum yang dibentuk masyarakat difasilitasi pemerintah dalam rangka membangun, memudahkan, memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Forum ini sambung Idris diharapkan dapat menfasilitasi umat beragama dalam pendirian rumah ibadah serta berperan menjaga kerukunan umat beragama.

"Payung hukum FKUB ini adalah SKB 3 Menteri," terangnya.

Ditambahkan Idris, FKUB dibentuk untuk tingkat Provinsi serta Kabupaten/Kota dan hubungan kerja diantara mereka sifatnya konsultarif bukan atasan bawahan.

Bertindak selaku narasumber sosialisasi, Kepala Kankemenag, Ketua FKUB beserta anggotanya yang ditugaskan untuk 3 kecamatan selain Barangin. (rf)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)