Nasional

Empat Gubernur Bahas "Justice System” dengan Kepala BPKP

Warta Andalas | Selasa, 07 Januari 2014 - 19:05:52 WIB | dibaca: 1837 pembaca

WARTA ANDALAS, JAKARTA - 4 Kepala Daerah yaitu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang , dan Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Wagub Deddy Mizwar berkunjung ke BPKP Pusat Jl. Pramuka 33 – Jakarta, Senin (6/1), kemarin untuk membahas persiapan pertemuan yang akan diadakan di Kejaksaan Agung  pada Jumat nanti (10/1). 

Pertemuan di Kejaksaan Agung nanti rencananya akan dihadiri oleh  Kepala BPKP, Mendagri, Kepala BIN, Kapolri, Jaksa Agung, Asosiasi Gubernur, dan akan mengundang beberapa media. Melalui pertemuan ini diharapkan agar tidak ada lagi keragu-raguan atau kegamangan pejabat daerah yang melakukan eksekusi anggaran daerah.

Selain kepala daerah, trurut hadir Irjen Kemendagri Maliki Heru Santosa, Kabareskrim Polri Irjen Suhardi Alius dan Direktur Penyidikan Pidana Khusus Kejaksaan Agung Syafrudin. Pertemuan ini diilhami oleh rendahnya penyerapan anggaran di daerah yang rendah di tahun 2013 berkisar hanya rata-rata 80% saja, dan ada 20% anggaran tidak dapat dieksekusi oleh penyelenggara pemerintahan di daerah. Hal ini disebabkan oleh kegamangan para pejabat daerah ketika akan melakukan eksekusi anggaran, karena telah banyak pejabat penyelenggara negara di daerah yang terlibat permasalahan hukum (tipikor).

Pertemuan itu nantinya juga akan berupaya mengoptimalkan peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) atau inspektorat di daerah dalam melakukan peran preventif atau pencegahan terhadap tindak pidana korupsi. (Humas BPKP Pusat – HJK) (x.)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)