Sawahlunto

Dua Keltan Terima Mesin Pencacah Sampah

Warta Andalas | Jumat, 19 Mei 2017 - 09:53:14 WIB | dibaca: 48 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Dua unit mesin pencacah sampah diserahkan bagi dua kelompok tani yang ada di Kecamatan Silungkang. Penyerahan dilakukan oleh Kapolres Sawahlunto, AKBP. Zhamroni Wibowo yang merupakan pembina kedua kelompok tani tersebut.

Kapolres mengapresiasi Bhabinkamtibmas Desa Taratak Bancah dan Desa Silungkang Oso yang mau menjembatani keluhan masyarakat, terlebih dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan maupun pertanian.

"Bhabinkamtibmas Desa Taratak Bancah Brigadir Nofriwal Doni dan Desa Silungkang Oso Brigadir Nico Oktora menyampaikan keluhan Gapoktan kedua desa tersebut yang membutuhkan mesin perancah atau pengolah sampah organik guna mendukung pembuatan pupuk kompos," ungkapnya.

Bantuan itu sebutnya, merupakan bantuan dari Dinas Perumahan, Pemukiman, Pertanahan dan lingkungan hidup (P2PLH) yang dimintai bantuan dan fasilitasinya melalui upaya Bhabinkantibmas kedua desa tersebut.

“Berkat koordinasi bersama dengan Dinas P2PLH, aspirasi dan keinginan kedua Gapoktan ini dapat terwujud. Disini tugas Bhabinkatibmas bukan semata-mata meningkatkan Kamtibmas, namun dapat juga menjembatani keluhan serta aspirasi warga.sehingga dapat dilakukan serta dikonsultasikan bersama. Bhabinkamtibmas harus peka dan tanggap di lingkungan dan masyaratnya, di samping kondisi kamtibmas,“ sebut Zhamrony.

Sementara itu Kepala Dinas P2PLH Sawahlunto, Adrius Putra menyebutkan, bantuan mesin pencacah tersebut merupakan bantuan bagi kelompok masyarakat atau kelompok tani yang ingin meningkatkan inkam pendapatan ekonomi anggotanya." Setidaknya dengan mesin pencacah sampah yang dapat membuat pupuk organik bisa digunakan sendiri bagi kelompok tersebut," katanya.

Nantinya diharapkan, bisa dibangunkan tempat kedudukan bagi mesin tersebut secara permanen, sehingga fungsi mesin tersebut dapat semaksimal mungkin di optimalkan pemakaiannya.(ryh)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)