Agam

DPNM Agam Gelar Rapat Koordinasi

Warta Andalas | Jumat, 28 September 2018 - 06:50:30 WIB | dibaca: 334 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Pemkab Agam, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) gelar rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan sosialisasi Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), di Hotel Sakura, Lubuk Basung, 26 – 27 September 2018.

Kegiatan itu di buka Bupati Agam, diwakili Kepala DPMN Agam, Teddy Martha didampingi Kabid Bina Pemberdayaan Masyarakat, Deswita dan dua orang narasumber dari KPW 2 Sumbar.

Pada kesempatan itu, Teddy Martha menyebutkan, bahwa kegiatan itu merupakan program inovasi desa untuk menggali potensi yang ada di nagari dan dimaksimalkan bentuk inovasi yang mampu berikan dampak positif.

“Dampak positif itu seperti peningkatan perekonomian masyarakat, infrastruktur nagari sekaligus peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang ada di nagari,” ujarnya.

Selain itu, disebutkan Teddy rakor TIK dan sosialisasi P2KTD itu sebagai tindak lanjut dari evaluasi pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa oleh pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Hal itu karena masih banyaknya desa di Indonesia termasuk di Agam miliki dana silpa yang besar,” sebutnya.

Dengan demikian, membuat efektifitas hasil dari kegiatan dana desa belum optimal dirasakan masyarakat, sehingga lahir program inovasi desa sejak 2017 berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Desa.

Teddy mengharapkan dari dokumen perencanaan pelaksanaan kegiatan di nagari sampai evaluasi dan monitoring serta pengawasannya betul dapat maksimal mencapai tujuan sesuai amanat UU desa tersebut.

Sementara itu, Kabid Bina Pemberdayaan Masyarakat Deswita menyebutkan, materi dalam kegiatan itu seperti, kegiatan pembangunan daerah Kabupaten Agam, evaluasi pelaksanaan PID, sosialisasi P2KTD, penanganan masalah dalam program inovasi desa dan RKTL.

Disebutkan, peserta yang mengikuti 144 orang berasal dari tim inovasi kabupaten, tim pelaksana inovasi desa kecamatan, tenaga ahli pendamping desa dan pendamping lokal desa P3MD se Agam.

“Kegiatan itu dilaksanakan dua hari, mulai Rabu,(26/9) sampai Kamis (27/9), dengan narasumber Sekdakab Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, dari KPW 2 Sumbar dan DPMN Agam,” jelasnya. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)