Purbalingga

DKPP Purbalingga Adakan Lomba Mancing Bagi Pelaku Usaha Perikanan

Warta Andalas | Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:42:31 WIB | dibaca: 29 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga mengadakan Lomba Mancing Bersama Antar Pelaku Usaha Perikanan. Lomba mancing tersebut diselenggarakan di Kolam Pemancingan DKPP Purbalingga, Selasa (13/8).

Kasi Pengembangan Nelayan Kecil dan Perizinan pada DKPP Purbalingga, Hari Setiyati mengatakan lomba mancing merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh DKPP Purbalingga dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 74. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini lomba mancing ditujukan bagi para pelaku usaha perikanan.

“Biasanya kami melakukan lomba mancing ini untuk instansi atau OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk refreshing,” kata Hari Setiyati saat ditemui pada Lomba Mancing Bersama Antar Pelaku Usaha Perikanan di Kolam Pemancingan DKPP Purbalingga.

Menurutnya, tahun ini DKPP Purbalingga ingin menampung aspirasi para pelaku usaha perikanan yang mana mereka juga membutuhkan ajang lomba mancing untuk sekedar refreshing. Tidak hanya itu, lomba mancing yang diselenggarakan juga mampu menjadi ajang untuk komunikasi dan ajang bisnis antar pelaku usaha perikanan.

“Jadi kita lakukan tahun ini pesertanya adalah pelaku usaha perikanan yang terdiri dari pembudidaya ikan hias, para nelayan kemudian poklasar atau kelompok pengolah dan pemasar perikanan,” ujarnya.

Lomba mancing tersebut diikuti oleh 100 peserta dan tidak dipungut biaya dengan ikan yang disediakan langsung oleh para pembudidaya ikan. Mereka para pembudidaya ikan yang mempunyai usaha lele kemudian membantu untuk memberikan lele dan telah terkumpul sebanyak 300 kg yang ditebar dengan ikan untuk nominasi sejumlah tujuh ekor dengan berat 1-3 kg.

“Kemudian kita tetap lakukan dan ada hadiah, hadiahnya dari sponsor dengan hadiah utama sebesar Rp 500 ribu dari PT. Astra Honda Purbalingga, Juara II sampai dengan Harapan II,” imbuh Hari Setiyati.

Lomba mancing ini mendapatkan antusiasme dari para pelaku usaha perikanan. Ia menyampaikan minat para pelaku usaha perikanan untuk mengikuti lomba memancing luar biasa.

“Kita memang terus terang karena setiap tahun kita melakukan, tahun lalu untuk PNS kemudian pernah juga kemarin kegiatan dari provinsi, juga untuk umum mereka banyak sekali ke sini ternyata memang minatnya luar biasa,” terangnya.

Ke depan, lomba mancing seperti ini akan dilakukan minimal dua kali yang akan diselenggarakan secara gratis. Pihaknya berencana di tahun depan nanti lomba mancing akan digelar dalam rangka HUT RI dan dalam rangka Hari Jadi.

“Harapannya dengan adanya event seperti ini para pelaku usaha perikanan ada jalinan, selain itu juga untuk meningkatkan angka konsumsi makan ikan yang kita harapkan terus meningkat dengan kegiatan gemar makan ikan,” pungkas Hari Setiyati. (PI-7)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)