Sawahlunto

Ditemukan Warga di Kubang, Kodim 0310/SSD Amankan Mortir Zaman Belanda

Warta Andalas | Rabu, 04 Desember 2019 - 16:03:11 WIB | dibaca: 10247 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Kodim 0310/SSD mengamankan alat peledak jenis Mortir yang diduga kuat merupakan peninggalan zaman Belanda yang ditemukan warga di Dusun Batu Tajam, Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Selasa (3/12) sore kemarin.

Penemuan bahan peledak yang sempat menggemparkan warga itu, ditemukan oleh Yulia Mendrawati (50) saat tengah membersihkan pekarangan rumahnya.

Mendapati barang tersebut, ia pun memberitahukan kepada David (48) yang merupakan adik kandungnya. Kemudian melanjutkan dengan melaporkan pada Bhabinsa Koramil 01/SWL.

Mendapat laporan warga itu, anggota Koramil 01/SWL - DIM 031/SSD Serda Ngateno dan Sertu Dedi Irama langsung melakukan pengecekan.

Di lokasi penemuan barang tersebut, Bhabinsa mendapati amunisi Mortir zaman Belanda yang sudah berkarat, dengan berat sekitar 5 Kg, dan langsung membawanya ke Makodim 0310/SSD untuk diamankan dan dilaporkan pada atasannya.

Sementara itu, Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Dwi Putranto, S.A.P., M.I.Pol yang dikonfirmasi media ini melalui sambungan Telephonenya, Rabu (4/11) membenarkan penemuan barang tersebut.

Menurut Dandim, dari informasi yang ia terima bahwa lokasi penemuan Mortir itu di duga dahulunya merupakan rute perlintasan para pejuang kemerdekaan.

“Untuk sementara, barang ini kita amankan di Makodim, dan selanjutnya akan menyesuaikan dengan prosedur yang berlaku,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga menyatakan ungkapan terimakasihnya pada pada warga, yang hingga saat ini masih terus memberikan apresiasi terhadap keberadaan TNI di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah sampai saat ini masyarakat khususnya di Sawahlunto masih terus mengapresiasi terhadap keberadaan TNI, sehingga laksana manajemen by window apa saja yang terlihat dan sekiranya butuh jawaban, mereka tampak lebih nyaman untuk segera merapat ke kami,” pungkasnya. (ap)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)