Agam

Distan Agam Berikan Layanan Posyandu Ternak Gratis

Warta Andalas | Rabu, 14 Maret 2018 - 15:19:13 WIB | dibaca: 173 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Guna meningkatkan swasembada daging dan terjaga kesehatan ternak dari berbagai penyakit. Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Sumatera Barat sediakan layanan posyandu ternak gratis.

"Semua layanan kesehatan yang berikan kepada ternak masyarakat guna mendukung Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS-SIWAB) dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya", ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam melalui Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam Arief Restu di Lubuk Basung, Rabu (14/3).

Dijelaskan, guna mencapai swasembada daging akan dapat diraih apabila hewan ternak yang dipelihara terjaga kesehatannya. Namun, umumnya sebagian besar peternak belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengatasi persoalan kesehatan ternak. Di sisi lain, kemampuan petugas kesehatan hewan untuk menjangkau seluruh peternak yang ada juga terbatas.

Untuk itu, Dinas Pertanian Kabupaten Agam melakukan sebuah terobosan dengan memberikan layanan pengobatan massal ternak yang diberi nama "Posyandu Ternak". Layanan ini meliputi pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan vaksinasi hewan ternak. Termasuk pelayanan Inseminasi Buatan (IB), pemeriksaan kebuntingan dan gangguan reproduksi.

"Pelayanan ini merupakan salah satu cara agar gangguan kesehatan hewan dapat di cegah dan diobati sesuai dengan kondisi hewan ternak tersebut. Kegiatan ini juga untuk mendukung Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS-SIWAB) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Farid Muslim, M. Si,  menambahkan bahwa, layanan Posyandu Ternak ini  akan dilakukan disetiap Kecamatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Peternak dapat membawa hewan ternaknya ke beberapa titik lokasi layanan yang telah ditentukan. Direncanakan pelayanan akan dilaksanakan pada 90 lokasi pelayanan.

"Tim kita akan melakukan roadshow sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh masing-masing petugas Kecamatan, nanti Posyandu Ternak ini dapat diberikan sewaktu- waktu kepada peternak, karena bisa dilakukan secara mobile", tutur Farid.

Disamping itu, layanan ini dapat dimanfaatkan oleh peternak untuk memastikan kondisi kesehatan ternaknya. Sehingga apabila ternak sehat, dapat memacu populasi ternak di Kabupaten Agam. Dan tentu saja akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat ternak.

Diharapkan adanya peningkatan status kesehatan ternak yang ada di Kabupaten Agam, meningkatkan produktivitas ternak Sapi, Kerbau, dan Kambing serta kualitas bibit ternak Agam semakin baik dan unggul. Dengan demikian, tentu bisa memberikan nilai jual tinggi terhadap ternak tersebut. Apalagi, kehadiran posyandu ternak bisa mengantisipasi ternak yang terserang penyakit. (Khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)