Purbalingga

Diskominfo Jateng Gelar Lomba Jurnalistik

Warta Andalas | Senin, 19 Februari 2018 - 14:01:02 WIB | dibaca: 212 pembaca

WARTA ANDALA,S PURBALINGGA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan lomba Jurnalistik  bagi kader PKK se Jawa Tengah. Lomba jurnalistik yang digelar bertajuk PKK, Dorong Keluarga sebagai Pilar Utama Pembentuk Mental dan Karakter Anak.

“Kategori lomba yakni karya jurnalistik bukan karya tulis maupun opini,” kata Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Dadang Somantri, Senin (19/2).

Dadang menjelaskan kriteria penilaian lomba terdiri dari kesesuaian tema serta kaidah penulisan dan kelengkapan naskah. Selain itu karya jurnalistik juga akan dinilai dari cara penyampaian  dan solusi nyata yang diterapkan langsung.

“Cara penyampaian yang dinilai termasuk kreativitas dan ide dalam penulisan,” imbuhnya.

Peserta lomba, lanjutnya harus menggunakan tata bahasa yang baik dan memenuhi standar penulisan jurnalistik. Karya Jurnalistik harus bersifat fakta dan objektif, berimbang, lengkap dan akurat.

“Penulisan harus sesuai kenyataan di lapangan, bisa dari kejadian nyata, pendapat narasumber atau pernyataan sumber berita,” ujar Dadang.

Selain itu, penulisan jurnalistik juga harus memenuhi unsur 5W+1H, tepat, benar dan tidak terdapat kesalahan. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu naskah yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

“Karya yang ditulis merupakan karya asli, belum pernah dilombakan dan dimuat di berbagai media baik media cetak maupun online,” jelasnya.

Naskah dibuat dalam 4-6 halaman dengan spasi 2 (ganda) dalam kertas F4 dan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 serta margin naskah semuai sisi 3 cm. Karya dikirimkan dalam amplop coklat dengan bagian kiri atas diberikan tulisan “Lomba Jurnalistik PKK 2018”.

“Naskah dikirimkan paling lambat 6 April 2018 (cap pos),” terang Dadang.

Peserta lomba harus melampirkan fotokopi KTP satu lembar, surat tugas atau surat keterangan sebagai kader PKK Desa/Kelurahan.  Bagi anggota Tim Penggerak PKK surat keterangan dapat digantikan dengan fotokopi SK Pembentukan Tim Penggerak PKK.

“Peserta juga wajib memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi beserta naskah yang dilombakan dalam bentuk hard file dan soft file,” tambahnya.

Karya tulis dikirimkan pada Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Jl. Menteri Supeno I Nomor 2 Semarang, Kode Pos 50243. Nama pemenang akan diumumkan di website www.jatengprov.go.id dan http://diskominfo.jatengprov.go.id pada minggu ketiga April 2018.

“Penyerahan hadiah akan dilakukan menyesuaikan dengan kegiatan TP PKK Provinsi Jawa Tengah,” lanjut Dadang.

Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan dengan kriteria juara I Rp. 5 juta, juara II Rp. 3, 750 juta, dan juara III Rp. 2,5 juta. Ia menambahkan untuk juara harapan I mendapatkan Rp. 2 juta, juara harapan II Rp 1, 250 juta dan terakhir juara III  sebesar Rp. 1 juta.

“Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ully F. Manik di 08157618448,” pungkas Dadang. (PI-7)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)