Kesehatan

Dinkes Agam Temukan 34 Pasien Menderita Filariasis

Warta Andalas | Rabu, 02 Oktober 2013 - 18:06:38 WIB | dibaca: 1371 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menemukan sebanyak 34 kasus penyakit filariasis atau kaki gajah selama 12 tahun terakhir di delapan kecamatan.

“Ini sesuai dengan data secara komulatif pada 2002 sampai 2013, kita telah menemukan sebanyak 34 orang  kronis ditambah penderita sebanyak 57 orang," kata Kepala Bagian Pemkes Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Yulhendri, Selasa (1/10).

Dia menjelaskan, data ini juga berdasarkan pengambilan sampel darah (contoh darah) dan pemeriksaan  laboratorium Dinkes Kabupaten Agam,  penemuan banyak kasus ini tidak lepas semakin aktifnya petugas pemantau lapangan dan semakin pahamnya masyarakat dengan kaki gajah.

"Total keseluruhan terdata sebanyak 91 orang dari data kronis dan penderita, sedangkan dari sebanyak 8 daerah 3 daerah yang dinyatakan rawan filariasis," imbuhnya

Dia merinci, Kecamatan Tanjung Mutiara penderita sebanyak 34 orang dan kronis sebanyak 19 orang, Lubukbasung penderita sebanyak 12 orang dan kronis sebanyak 4 orang dan Ampek Nagari penderita sebanyak 5 orang dan kronis sebanyak 5 orang.

Selain itu, Kecamatan Palembayan, Tanjung Raya, Malalak, Palupuh dan Kecamatan Tilatang Kamang rata rata penderita ditemukan sebanyak 1 orang dan yang kronis sebanyak 1 orang.

"Jika terkena filariasis dapat menyebabkan cacat tetap, stigma sosial, hambatan psikologis, dan kerugian ekonomi," katanya .

Saat ini, pihaknya telah lakukan berbagai langkah dan penanganan secara cepat terhadap penderita penyakit kaki gajah di 16 kecamatan, sehingga tingkat penularan dapat ditekan dengan mengelar minum obat secara masal pada November 2013. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)