Kesehatan

Dinkes Agam Bentuk Posko dan Pantau Pelaksanaan Pengobatan Masal Filariasis

Warta Andalas | Selasa, 29 Oktober 2013 - 00:42:44 WIB | dibaca: 1332 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membentuk posko penanganan dan tim pemantau pelaksana pekan pengobatan masal Filariasis di wilayah Agam yang digelar pada 11 sampai 16 November 2013 nanti.

"Saat ini kita telah membentuk posko penanganan yang berlokasi pada kantor Dinas Kesehatan dengan melibatkan petugas dari jajaran unit kerja," kata  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Dr. Indra MPPM. Senin(28/10).

Menurutnya, Dinkes Agam sudah mereveiw persiapan di 22 Puskesmas mulai dari ketersediaan obat, pengemasan, peracikan obat, kesiapan kader dan lainya.

"Persiapan ini telah kita sampaikan usai pertemuan kemaren dengan Kepala Puskesmas Rabu(23/10)," imbuhnya.

Selain itu, juga memastikan bahwa himbauan untuk meminum obat kaki gajah ini berupa spanduk sudah terpasang di 16 Kecamatan termasuk di 150 Pustu dan Polindes yang ada di wilayah Agam.

Sedangkan penyuluhan melalui media massa, Dinkes Agam juga telah berkoordinasi dengan SAM FM Lubuk Basung, Radio Agro Bukittinggi serta RRI Bukittinggi untuk memutar spot radio tentang Filariasis.

Lebih jauh, dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Agam betul-betul serius melaksanakan pengobatan masal filariasis yang akan dilaksanakan dua tahun kedepan.

"Target kita 100 persen masyarakat Agam yang berumur 2 tahun keatas minum obat Filariasis," jelasnya.

Ditempat terpisah, Kabid Pemkes Yulhendri, SKM.MKes menambahkan,  saat pelaksanaan Pekan Pengobatan Masal akan membentuk Tim guna memantau pelaksanaan di lapangan berkoordinasi dengan 22 Puskesmas dalam waktu 1 x 24 jam.

"Adapun pelaporan nanti oleh 22 Puskesmas dilakukan setiap hari ," tutupnya. (jon)






Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)