Solok

Diisi Wajah Lama, Wako Solok Lantik Jajaran Dukcapil

Warta Andalas | Kamis, 19 Januari 2017 - 17:46:55 WIB | dibaca: 313 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Walikota Solok H. Zul Elfian SH, M.Si, Dt. Tianso melantik jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok, Kamis (19/1) diaula depan ruangan Walikota Solok.Pelantikan dihadiri oleh DPRD Kota Solok diwakili Daswippetra Dt. Manjinjiang Alam dan Sekda Kota Solok minus Wakil Walikota Solok Reiner ST, Dt. Basa Batuah.

Pelantikan diakukan berdasarkan Surat yang diterima oleh Walikota Solok H. Zul Elfian SH, M.Si, Dt. Tianso dari Menteri Dalam Negeri RI Nomor 821.22/12205/DUKCAPIL Tanggal 16 November 2016 Tentang Hal mekanisme Pengisisan Jabatan Pejabat Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Propinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, mengamanatkan Walikota Solok segera melantik kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Solok.

Selain itu dalam berita acara Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemerintah Kota Solok Nomor R.832/03/BJK-2016 tanggal 27 Desember 2016, dan Keputusan kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 13 Tahun 2003 tanggal 21 April 2003 Tentang Petunjuk Tekhnis Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 0 Tahun 2003 Tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

Lampiran Keputusan Walikota Solok Nomor 188.45-50 Tahun 2017 tanggal 17 Januari 2017 tentang Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Setara Esselon III) dan Jabatan Administrator (Setara Esselon IV) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pada umumnya ditempati wajah lama. Diantaranya kepala Dinas Dukcapil tetap dipegang oleh Drs. Nova Efino golongan IV/c eselon IIb, sedangkan Bitel, SH, MM, golongan IV/b diangkat menjadi sekretaris Dukcapil, Hendrik, S.STP, MM, merupakan wajah baru dimana keduanya berasal dari Bagian umum sekretariat Balaikota Solok dan BKD Kota Solok.

Walikota Solok menuturkan pengangkatan jajaran Dukcapil Kota Solok dilakukan lebih awal didasarkan kepada surat Mendagri dan Badan Kepegawaian Negara RI, dimana tujuannya untuk memudahkan setiap proses data kependudukan di Kota Solok. Untuk Dukcapil ini terdapat keistimewaan dari Mendagri dimana penunjukan dan pengangkatan jajaran Dukcapil ini mudah tapi menggantinya sangat sulit dan tidak boleh diberhentikan dari Dukcapil tanpa persetujuan Kemendagri.

“inilah istimewanya Dukcapil, dimana kepala daerah tidak bisa menggantinya tanpa persetujuan Kemendagri terlebih dahulu. Tapi yang jelas setiap amanah yang diberikan merupakan sebuah tanggung jawab yang mesti dikerjakan dengan sebaiknya-baiknya. Maka bekerjalah dengan baik dan penuh tanggung jawab” Pesan Zul Elfian. (fikar)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)