Purbalingga

Didukung Berbagai Kalangan, Pekan Inovasi Desa di Karanggedang Berlangsung Meriah

Warta Andalas | Kamis, 08 November 2018 - 22:10:21 WIB | dibaca: 95 pembaca

Tarian "Paijem Balik Ndesa", karya Aris Yudi Rianto

WARTA ANDALAS, BUKATEJA - Desa Karanggedang kecamatan Bukateja, kabupaten Purbalingga Jawa Tengah yang banyak dikelilingi pohon bambu, menjadi sebuah latar belakang tokoh muda setempat, Aris Yudhi Rianto untuk dijadikan sebagai sebuah penggerak ekonomi masyarakat.

Menurutnya, bambu dengan berbagai potensi yang ada dan menghasikan karya emas handy craff seperti Besek, Tumbu, Pithi, Sangkar Burung dan berbagai jenis karya lainnya, telah membuka inspirasinya untuk menciptakan sebuah inovasi.

“Awalnya saya sangat tertarik dengan laying-layang buatan Imam Sudarmo, dan setelah itu muncul ide untuk membuat kegiatan pekan inovasi desa,” ungkapnya.

Terkait hal itu, Aris pun mulai mempelopori dan mengawalinya dengan membentuk forum pegiat desa untuk mendukung serta merealisasikan idenya menggelar kegiatan bertajuk “Pekan Inovasi Desa”.

Gayung bersambut, setelah Aris melakukan loby kepada sejumlah institusi dan menyampaikan gagasannya, berbagai pihak pun memberikan dukungan hingga akhirnya pada Minggu tanggal 4 November 2018 yang lalu, kegiatan itu dapat dilaksanakan di lapangan desa Karanggedang.

Hasilnya, acara yang di isi dengan sejumlah rangkaian kegiatan lainnya seperti jalan sehat, senam sehat, fashion show, pesona pring emas, pagelaran seni budaya dan pesona layangan itu berlangsung meriah.

Dikatakannya, Maria Sukmawati, SE selaku Pj. Kepala Desa Karanggedang menyambut baik adanya kegiatan ini, krarena memunculkan produk dan karya seni desa yang harus digali dan dikembangkan.

Sedangkan Camat Bukateja, Dedi Sutono S.Pd yang turut memberikan kata sambutan, imbhu Aris,  juga menyampaikan apresiasinya.

“Desa harus kreatif dan melihat potensi yang perlu dikembangkan seperti yang telah dilakukan oleh para pegiat desa Karanggedang. Semoga desa-desa lain ikut terinspirasi dengan kegiatan Pekan Inovasi Desa ini,” sebut Aris, mengutip apa yang disampaikan camat Bukateja.

Selain camat, apresiasi juga diberikan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sri Ruwiyati yang turut hadir dalam acara tersebut. Bahkan,  P3MD Purbalingga Surtano Prio Utomo, Dinpermasdes, Karang Taruna Purbalingga Sukandar dan Ryan Rachman juga hadir dalam event ini.

Yang tak kalah menarik bagi para pengunjung dan tamu undangan dalam acara yang juga diikuti oleh para pegiat UMKM se kecamatan Bukateja itu,  adalah tarian “Paijem Balik Ndesa” karya Aris, yang memiliki pesan moral sebagai motivasi, “wong ndesa punya sejuta karya”. (ayr)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)