Agam

Di Masjid Haraban, Wabup Paparkan Program Strategis Kabupaten Agam

Warta Andalas | Sabtu, 11 Mei 2019 - 10:17:12 WIB | dibaca: 141 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Tim Khusus Safari Ramadhan (TKSR) Kabupaten Agam, mengunjungi Masjid Al-Abrar, Jorong Haraban, Nagari Nan Tujuah, Kecamatan Palupuah, Jum’at (10/5).

Tim dipimpin Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria itu, beranggotakan Sekda Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun dan beberapa kepala OPD.

Kedatangan Tim disambut oleh Camat Palupuah, Hasrizal, Wali Nagari Nan Tujuah dan warga sekitar. Kemudian melakukan buka puasa bersama, shalat magrib, isya dan tarawih berjamaah di masjid itu.

Pada kesempatan itu, Wabup mengatakan bahwa kedatangan tim khusus safari Ramadhan ini untuk memperkuat tali silaturahim antar sesama. Ini penting dilakukan, apabila hubungan sudah dekat indak ado karuah indak kajaniah, indak ado kusuik nan indak kasalasai.

“Untuk semakin eratnya hubungan silaturahim, perlunya perkenalan antara tim safari Ramadhan dengan jamaah tarawih, saling berbagi dan bekerja sama,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wabup perkenalkan program strategis Kabupaten Agam kepada jamaah tarawih seperti Agam Menyemai dan gerakan Nagari Madani.

Untuk mendukung program itu, tim menyerahkan bantuan Rp10 juta untuk kelanjutan pembangunan masjid, Al-Quran enam buah, bibit tanaman, buku dan ranning teks dari Nagari Nan Tujuah.

Wabup berharap program Agam Menyemai terus digencarkan di Palupuah, khususnya di Nagari Nan Tujuah. Agam Menyemai tidak memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi dapat berikan keuntungan bagi anak cucu untuk beberapa tahun kedepan.

Dikatakan, pengalaman sebelumnya, setiap Ramadhan terjadi inflasi. Ini disebabkan karena masyarakat memaksakan diri mengadakan sesuatu untuk menu buka puasa.

“Jangan biarkan kebiasaan seperti ini, tapi berbukalah dengan seadanya,” ujarnya.

Sedangkan Al-Quran diserahkan agar warga dapat lebih mendekatkan diri dengan Al-Quran, sesuai salah satu kriteria yang diterapkan dalam gerakan Nagari Madani.

“Diserahkannya Al-Quran, kita harapkan masjid di nagari itu jadi ramai, sehingga capaian gerakan Nagari Madani di Nagari Nan Tujuah terus meningkat,” pungkasnya.

Pengurus Masjid Al-Abrar, Fatilda mengucapkan terimakasih kepada tim khusus safari Ramadhan yang telah melakukan kunjungan. Bahkan memberikan bantuan untuk kelangsungan pembangunan masjid tersebut.

“Saat ini masjid Al-Abrar membutuhkan uluran tangan semua pihak untuk kelangsungan pembangunan, karena beberapa waktu lalu masjid itu dihantam longsor,” katanya.

Berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Agam dengan mengerahkan personil dan alat beratnya, material longsor bisa cepat dibersihkan.

“Mengingat masjid berada di jalan lintas Sumatera, kedepan kita rencanakan bangun lantai dua, supaya dapat menampung lebih banyak jamaah,” sebutnya. (MD)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)