Payakumbuh

Di Gudang Kantor Arsip dan Pustaka Payakumbuh, Goni Plastik Menggunung

Warta Andalas | Senin, 27 Januari 2014 - 20:47:07 WIB | dibaca: 995 pembaca

WARTA ANDALAS, PAYAKUMBUH - Gudang tempat penyimpanan arsip milik Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Payakumbuh, di Kubu Gadang Payakumbuh Utara, nyaris penuh. Semua arsip berupa buku dan lembaran-lembaran kertas itu, tersimpan dalam karung plastik. Sebuah pemandangan yang kurang enak untuk dilihat. Jika diperlukan mendadak, arsip itu akan susah dicari.

Tapi, pemandangan yang kurang indah itu  dalam enam bulan ke depan, akan hilang.  Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan  Payakumbuh, Drs. H. Zulrefri,  menggaransi, seluruh arsip itu akan masuk dalam data base yang ada di kantornya.

“Kita akan maksimalkan, dalam enam bulan ke depan, seluruh arsip manual itu akan disimpan dalam bentuk file-file dan kepingan CD, pada alat elektronik Arsip Digital,” sebut Zulrefri di Payakumbuh, Minggu (26/1).

Dengan adanya arsip berbasis elektronik ini, seluruh SKPD akan punya sistem penataan pengarsipan yang benar. Seluruh  arsip fisik yang telah di-alihmedia-kan dan dianggap penting untuk disimpan, seperti  dokumen kontrak asli (original), akan terdokumen dengan baik di Kantor Arsip dan Perpustakaan.

Ke depan, kata Zulrefri,  pemko harus memikirkan kantor yang representatif buat  Kantor Arsip dan Perpustakaan. Pasalnya, kantor yang ada  sekarang di komplek DPRD di Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh, belum layak untuk kantor arsip dan perpustakaan umum. 

Bangunan yang ditempati itu, tambahnya, eks kantor Dinas Kesehatan yang dipakai bareng  dengan organisasi lain, seperti Sekretariat Usaha Kesehatan Sekolah,  Sekretariat Komisi Penanggulangan HIV/AIDS dan  Komisi Perlindangan  Anak Indonesia. (zal)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)