Padangpanjang

Di 2013, RSUD Padang Panjang Melampui Target Pencapaian PAD

Warta Andalas | Kamis, 30 Januari 2014 - 16:57:03 WIB | dibaca: 1953 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANGPANJANG - Meski berhasil melampui target pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangpanjang pada tahun 2013 lalu yakni Rp19,3 miliar,  tetapi tahun ini Pemerintah Kota (Pemko) setempat tidak menambah target pendapatan RSUD tersebut dengan target tetap sebesar Rp16,5 miliar.

Direktur RSUD Kota Padangpanjang Nuryanwar menyampaikan, target tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama Pemko dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014 beberapa waktu lalu.

Dikatakan, target tersebut tidaklah terlalu muluk-muluk, karena pada tahun sebelumnya PAD dari layanan RSUD Kota Padangpanjang juga sama.

"Target tersebut bisa dikatakan wajar, karena pada 2013 realiasi PAD dari RSUD Kota Padang Panjang sedikit melebihi target yakni sebesar Rp19 miliar," katanya.

Target PAD yang ditetapkan tersebut, akan dihasilkan dari setiap pelayanan poliklinik yang ada di RSUD Kota Padangpanjang. Dimana, saat ini ada sebanyak 13 jenis poliklinik pelayanan kesehatan di rumah sakit ini seperti, klinik bedah umum, penyakit dalam, kebidanan, anak, bedah ortopedi, paru, jantung, kulit dan kelamin, mata, THT, jiwa, saraf dan gigi.

Untuk pelayanan yang berorientasi kepada pendapatan dari setiap jenis poliklinik tersebut, RSUD Padangpanjang sudah menyiapkan berbagai keperluan sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan.

"Pelayanan kesehatan kami maksimalkan dengan menyediakan dokter spesialis di berbagai jenis poliklinik itu. Masing-masing polikilinik jumlah dokter berfariasi mulai dari satu orang sampai paling banyak tiga orang," katanya.

Sedangkan dari peralatan, lanjutnya, semua jenis poliklinik sudah disediakan, sehingga tidak ada lagi alasan kalau pelayanan terbentur dengan perlatan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padangpanjang Novi Hendri membenarkan target PAD RSUD di daerah itu sebesar Rp16,5 miliar setelah melalui persetujuan anggota dewan.

"Target PAD itu ada pada pendapatan di APBD 2014, semua anggota DPRD menyetujui hal tersebut. Mudah-mudahan taget yang ditetapkan itu bisa tercapai," kata Novi.

RSUD Kota Padangpanjang yang menuju taraf Internasional tersebut, saat ini memiliki 160 tempat tidur bagi pasien yang dirawat inap di semua poliklinik yang ada.

Sedangkan dari segi kelasnya sekitar 50 persen adalah untuk pasien kelas III, dan sisanya untuk VIP dan kelas II. (Bento)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)