Purbalingga

Desa Diharapkan Pahami Proses Penyaluran BKK

Warta Andalas | Senin, 22 Oktober 2018 - 14:42:28 WIB | dibaca: 133 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Desa diharapkan pahami proses penyaluran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang bersumber dari APBD. Hal tersebut diungkapkan Kabid Kelembagaan dan Kerjasama pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Erawati Takarina dalam agenda Rapat Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Pemerintah Desa, di Aula Dinpermasdes, Senin (22/10).

“Diharapkan desa harus paham proses penyaluran dana BKK agar dana dapat cair dengan tepat waktu dan dapat melaksanakan kegiatan yang didanai BKK sesuai kebutuhannya,” kata Era.

Era mengatakan ada empat tahap dalam proses penyaluran dana BKK.

“Tahapan proses dalam penyaluran BKK diantaranya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, serta pelaporan dan pertanggungjawaban. Diharapkan desa dalam mengelola dana BKK ini harus pahami setiap proses dalam tahapan tersebut,” kata Era.

Ia melanjutkan dana BKK juga harus dikelola dengan cermat dan menerapkan prinsip efisiensi, efektif, transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

“Hal ini berdasarkan Peraturan Bupati Purbalingga Nomor 18 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengelolaan Bantuan Keuangan yang Bersifat Khusus Kepada Pemerintah Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah kabupaten Purbalingga,” kata Era.

Ia melanjutkan, dana BKK ini tujuan utamanya adalah untuk percepatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

“Sasaran penggunaannya adalah mendanai pelaksanaan percepatan pembangunan desa/fisik, mendanai kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan atau mendanai penghasilan perangkat desa bagi desa yang ADD nya tidak tercukupi,” pungkas Era. (PI-9)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)