Padang

Danrem 032/WBR: Satgas PRCP Siap Bantu Dampak Gunung Meletus

Warta Andalas | Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:53:41 WIB | dibaca: 177 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Aktivitas perkembangan Gunung Merapi yang ada di Kabupaten Agam akhir akhir ini semakin meningkat dan bahkan sudah beberapa kali menyemburkan awan dan lahar panas.

Walaupun masih skala kecil yang sewaktu waktu bisa meletus, dan apabila itu benar benar terjadi akan sangat berdampak pada masyarakat di sekitarnya baik yang ada di wilayah Kabupaten Agam maupun Kabupaten Tanah Datar.

Menyikapi dan mengantisipasi hal tersebut dan apabila itu benar benar terjadi maka Satgas PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) sudah siap untuk melakukan tindakan antisipasi baik itu mitigasi, evakuasi transportasi dan  penanggulangan lainnya sehingga dapat meminimalisir akibat bencana.

Hal tersebut disampaikan Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P,  yang dalam pelaksanaan Latihan Posko I Korem 032/Wbr ini bertindak selaku  Dansatgas PRCPB dan menyampaikan hal tersebut  dalam RO (Rencana Operasi) kepada Para pejabat TNI Polri, Pemda, SAR, BPBD, Dishub, Diskominfo, Dinas Kesehatan dan seluruh Instansi terkait dalam penanggulangan bencana.

"Dan tidak menutup kemungkinan sewaktu waktu  RO akan berubah menjadi PO (Perintah Operasi) dan apabila itu terjadi maka semua harus segera mengambil  tindakan yang berkaitan dengan  bidangnya sesuai dengan Perintah Dansatgas," kata Danrem.

Rangkaian diatas adalah merupakan wujud tindak lanjut dari kondisi Gunung Merapi yang semakin aktif di Kabupaten Agam dan merupakan jalannya skenario  Latihan Penanggulangan Bencana Korem 032/Wbr pada Selasa 23 Oktober 2018.

Hari kedua pelaksanaan Latihan yang dilaksanakan di Ruang Indoor Korem 032/Wbr itu terlihat para pelaku latihan semakin sibuk sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Edwar, dari Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, selaku peserta latihan menyampaikan bahwa latihan ini merupakan pengalaman pertama baginya. "Latihan ini  sangat penting dan bermanfaat khususnya bagi saya yang sehari harinya bekerja di Dinas Perhubungan Provinsi, dan latihan ini juga sangat penting dan bermanfaat bagi semua instansi yang terkait sehingga dengan adanya latihan ini masing masing instansi akan lebih memahami dan menguasai tugasnya,  termasuk didalamnya tentang Komando dan Pengendalian," ujarnya.

Bahkan Edwar ia berharap dengan melalui latihan ini masyarakat juga harus lebih sadar tentang arti pentingnya latihan, koordinasi dan antisipasi dalam menghadapi setiap bentuk bencana,"tambahnya.

Latihan hari tersebut berjalan denga tertib,  lancar dan tetap semangat.Demikian Laporan Penrem 032/Wbr. (rel)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)