Sijunjung

Dandim 0310/SS Berikan Materi Wasbang dan Bela Negara Pada Peserta Jambore Anti Narkoba

Warta Andalas | Kamis, 21 November 2019 - 21:13:10 WIB | dibaca: 10115 pembaca

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG – Bertempat di Aula Objek Wisata Telabang Sakti, Kamang Baru, Kamis (21/11/19) sebanyak 250 siswa SLTA se kabupaten Sijunjung mengikuti pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara, dalam acara Jambore Anti Narkoba.

Dandim 0310/SS, Letkol Inf. Dwi Putranto S.I.P., M.I.Polselaku narasumber Wasbang an Bela Negara mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk sikap moral dan karakter peserta didik, agar memiliki rasa nasionalisme, kepekaan, kepedulian terhadap bangsa serta cinta tanah air.

Dari kegiatan ini, ujar Dandim, kita berharap mereka dapat lebih memahami tentang rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional.

“Substansi dari wawasan kebangsaan adalah kesadaran untuk bersatu sebagai suatu bangsa akibat kesamaan sejarah dan kepentingan masa depan dan perekat yang mempersatukan sekaligus memberi dasar kepada jati diri bangsa,”ungkapnya.

Belakangan ini, lanjut Dandim, wawasan kebangsaan di era reformasi mengalami kemunduran dan kehilangan greget, yaitu timbul paham golongan yang mengkristal, miskin nasionalisme, kehilangan daya rekat, terjadi konflik horizontal bernuansa SARA dan konflik vertikal di beberapa daerah.

Terkait hal tu, Dandim berharap agar semua harus membangun kembali semangat kebangsaan, rela berkorban, kesadaran, persatuan dan kesatuan serta rasa cinta tanah air, sehingga tumbuh kebersamaan dan tanggungjawab bersama dalam mengantisipasi setiap bentuk ancaman.

Dihadapan seluruh peserta Wasbang dan Bela Negara itu, Dandim juga juga mngingatkan agar kita dapat bercermin dari pahlawan yang rela mengorbankan roh, jiwa, raganya demi keutuhan bangsa serta berpegang pada empat konsensus bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keempat konsensus ini merupakan pilihan final bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Dengan penyuluhan wawasan kebangsaan ini semoga seluruh pelajar SMA Sijunjung mempunyai pemahaman wawasan kebangsaan yang meningkat, sehingga menjadi pelajar yang berpancasila, sehat jasmani rohani, memiliki nasionalisme serta cinta tanah air yang tinggi, memahami dan menerapkan pancasila serta UUD 1945 dalam kehidupan,” pungkasnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)