Nasional

Cuaca Membaik, Pendistribusian BBM dan LPG Mulai Pulih

Warta Andalas | Selasa, 28 Januari 2014 - 19:50:12 WIB | dibaca: 816 pembaca

WARTA ANDALAS, JAKARTA - Penyaluran BBM dan LPG oleh PT Pertamina (Persero) berangsur mulai pulih setelah cuaca mulai membaik sehingga otoritas pelabuhan sudah memberikan izin berlayar untuk kapal-kapal yang akan mendistribusikan kedua komoditas energi tersebut.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan terhitung sejak Jumat (24/1) seluruh armada kapal BBM dan LPG Pertamina telah diizinkan untuk berlayar untuk mendistribusikan BBM dan LPG kepada masyarakat. Adapun, stok BBM dan LPG dalam kondisi aman masing-masing berada di level 18 hari untuk Premium, 23 hari untuk Solar, 27 hari Avtur dan 17 hari untuk LPG.

“Pendistribusian BBM dan LPG dengan menggunakan kapal-kapal sudah pulih setelah pada Jumat (24/1) otoritas pelabuhan dan dermaga memberikan izin berlayar dan sandar. Sebagai hasilnya, kini tidak ada satupun Terminal BBM dan LPG Pertamina yang mengalami keterbatasan stok. Recovery yang cukup cepat ini berkat kesigapan seluruh tim Pertamina dalam melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hambatan alam, termasuk dengan pola-pola pengalihan pasokan yang sudah dirancang perusahaan,” terang Ali.

Upaya pemulihan pasokan juga dilakukan pada distribusi BBM dan LPG di daratan yang beberapa titik di antaranya menghadapi hambatan alam, seperti banjir di Jawa Tengah. Dia menegaskan untuk daerah-daerah yang terdampak oleh bencana banjir, seperti Jepara, Kudus, dan Pati, sebagian besar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) masih beroperasi secara normal.

Di Jepara, dari 19 SPBU yang ada, sebanyak 17 SPBU beroperasi. Sebanyak 13 SPBU dari 15 unit yang ada di Kudus tetap melayani masyarakat dengan normal, sedangkan di Pati yang merupakan daerah terdampak banjir paling parah, sebanyak 20 SPBU dari 24 SPBU tetap malayani konsumen.

“Dengan demikian, apabila masyarakat belum dapat mengakses SPBU yang lokasinya terisolir karena banjir, masih dapat mengakses BBM di SPBU lainnya di daerah tersebut yang sebagian besar masih beroperasi secara normal,” tutupnya. (rel)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)