Agam

Cuaca Buruk, Puluhan Petani di Agam Terancam Gagal Panen.

Warta Andalas | Senin, 04 Juni 2018 - 11:11:58 WIB | dibaca: 106 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Akibat cuaca ektrim yang terjadi beberapa minggu terakhir, Para petani di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, terancam gagal panen. 

Puluhan petani di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, terancam gagal panen, pasalnya curah hujan tinggi dan angin kencang yang melanda Sumatera Barat beberapa hari terakhir merusak tanaman padi yang sudah mulai menguning.

Berdasarkan Pantauan di beberapa lokasi di Kabupaten Agam, seperti di Kecamatan Lubuk Basung, Palembayan dan Tanjung Mutiara, setidaknya puluhan hektar padi mengalami rebah sebagian atau menyeluruh.

Seperti yang di ungkapkan salah seorang petani di Jorong, III Garagahan, Syafrizal mengatakan, rebahnya padi menunggu panen itu sudah terjadi 4 hari terakhir, “ di perkirakan untuk Nagari Garagahan saja setidaknya ada 50 hektar padi akan panen tumbang, “ ujar Syafrizal Saat Dijumpai di sekitar , Senin, (4/5)

Dijelaskannya, tumbangnya rumpun padi sangat berpengaruh kepada kwalitas padi yang akan di hasilkan, dimulai dari buah  menghitam, busuk bahkan tidak bisa di panen sama sekali.

Selain itu proses pemanenan pun memakan waktu yang lebih lama dari yang biasanya,” biasanya jika rebahnya sedikit para petani akan mengikatnya secara bersamaan,dan menopangnya dengan kayu agar bisa berdiri kembali, namun jika jumlah banyak mereka hanya bisa pasrah.

Selain itu petani juga akan berusaha mengeringkan kadar air pada sawah, itu dilakukan agar buah padi yang sudah mulai menguning tidak terendam air jika curah hujan tinggi terjadi lagi.(khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)