Opini

Oleh: Isa Kurniawan (Koordinator Komunitas Pemerhati Sumbar/Kapas)

Colak Colek Caleg

Warta Andalas | Rabu, 11 Juli 2018 - 07:10:57 WIB | dibaca: 1287 pembaca

Orientasi berpartai itu ada bermacam-macam, di antaranya agar bisa menjadi anggota legislatif, kemudian eksekutif (kepala daerah), serta ada yang untuk enjoy saja, bersenang-senang sekaligus memperluas silaturahmi. Dan semua itu sah-sah saja, tidak ada yang salah. Hak masing-masing untuk menentukan pilihannya ketika masuk ke dalam wilayah politik praktis. Pokoknya dimana yang ke senang saja.

Kalau untuk legislatif jalurnya adalah Pemilu Legislatif (Piileg), dan saat ini pendaftarannya sudah dibuka untuk bertarung di Pileg 2019. Semua calon legislatif (caleg) sibuk mengurus persyaratan pencalegkan, seperti tes kesehatan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan dari Pengadilan Negeri sehubungan dengan bebas dari tindak pidana dan surat-surat lainnya. Caleg datang dari latar belakang berbeda, dan kabarnya beberapa menteri pun akan ikut bertarung.

Dalam sebuah tulisan beberapa waktu yang lalu, saya pernah mengulas bahwa dalam konteks pemilihan langsung, seseorang yang maju itu haruslah ; pertama memiliki kharisma atau popularitas. Kedua memiliki jaringan yang luas dan mumpuni, serta ketiga ----yang penting---- mempunyai finansial yang cukup untuk sosialisasi dan pergerakan di lapangan. Bukan untuk politik uang (money politic) tapi biaya politik (cost politic).

Minimal salah satu dari ketiga faktor di atas harus ada. Kalau ada ketiganya amat sangat bagus, dan peluangnya besar untuk menang. Kalau tidak ada satu pun, bagusnya tidur-tidur manis saja lah di rumah. Tidak bisa keras nafas saja yang dikemukakan. Persaingan caleg sangat ketat, baik di internal sesama partai, maupun di antara beda partai. Apalagi perhitungan suaranya nanti beda dengan yang kemarin-kemarin. Bergantung pada keberuntungan saja, sepertinya susah.

Karena musim itu telah tiba, maka sebentar lagi kita-kita semua akan merasakan "colak colek caleg" dengan segala kurenahnya. Dan kepada para caleg, siap-siapkan mental untuk kalah, jangan siap untuk menang saja. (**)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)