Solok

Ciptakan Keharmonisan dengan Masyarakat, Wako Launching Aplikasi E-Government

Warta Andalas | Rabu, 21 Februari 2018 - 13:34:46 WIB | dibaca: 227 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Informasi dan komunikasi tidak bisa lepas dari keberadaan tekhnologi yang ada saat ini. Keberadaan tekhnologi telah mempersingkat hubungan setiap orang dari belahan dunia lainya. Kecanggihan tekhnologi ini juga memudahkan komunikasi dan informasi dari dunia manapun tanpa ada halangan apapun. Termasuk menggunakan internet dalam melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap penyelenggara dari hal-hal yang dikawatirkan terjadinya pelanggaran hukum. Baik oleh penyelenggara negara itu sendiri maupun masyarakat yang berhubungan langsung dengan penyelenggara negara tersebut. Kata Zul Elfian, Walikota Solok, Rabu (21/2) saat launching Aplikasi-Aplikasi E-Government dan peresmian E-Government Monitoring Center, dilantai dua balaikota Solok.

Dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Penyelengaraan E-Government dimana seluruh pemerintah daerah Kab/Kota diharuskan menyelenggarakan pemerintahan berbasis elektronik. Kementerian Kominfo RI dalam Peraturan Kominfo Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Panduan Umum Tata Kelola Tekhnologi Informasi dan Komunikasi Nasional juga mengaturnya dengan jelas.

Aplikasi yang dilaunching hari ini, Kata Zul Elfian, merupakan turunan dari aplikasi yang dikelola oleh OPD, dengan sistem pengintgrasian pada Dinas Kominfo, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam mengelola dan mengintegrasikan seluruh aplikasi yang ada dipemko Solok.

Disatu sisi, aplikasi ini juga medukung upaya pemerintah dalam membangun hubungan yang harmonis antara masyarakat dan masyarakat serta untuk perlindungan terhadap pelayanan publik, agar dapat memberikan pelayanan yang cepat dan akurat. Pelayanan seperti ini adalah muara dari setiap pelayanan yang harus diterapkan setiap pemeintah daerah. Selain itu, juga sudah dimulai pelaksanaan Smart City. Pembukaan lowongan untuk tenaga programer yang bertugas membangun dan merancang aplikasi yang dibutuhkan oleh OPD.

Zulfadli, SH, MSi, Kadis Kominfo Kota Solok good governance merupakan konsep dari Smart City, yaitu konsep Kota cerdas yang dibangun untuk membantu masyarakat, terutama dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan kemudahan akses informasi kepada masyarakat.

Selain itu, E-Government Monitoring Center merupakan tempat server dan beberapa aplikasi dan video wall yang bisa menampilkan berbagai aplikasi dan tampilan CCTV dan monitoring beberapa kegiatan. Seperti bidang fasilitas fisik dan aplikasi Simesra, www.solokkota.go.id, Sijaka, IPS, E-SPPD, Situkin, Simaya, Portal PPID, LaporSP4N, dan E-Planing, serta E-Sakip (zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)