Lintas Provinsi

Cegah Abrasi, Pemkab Tanam 1000 Pohon di Pesisir Pantai

Warta Andalas | Jumat, 21 Februari 2014 - 18:01:58 WIB | dibaca: 103056 pembaca

WARTA ANDALAS, BULELENG - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan mengadakan Gerakan penanaman pohon di pesisir pantai, yang dilakukan sepanjang pesisir pantai. Mengambil start dari pantai baruna desa pemaron, aksi penanaman pohon dialnjutkan hingga ke pantai Celuk Agung Desa Anturan, Kecamatan Buleleng Jumat pagi (21/2).

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG beserta pegawai Pemkab Buleleng bersama masyarakat dan kelompok nelayan yang berada di daerah pesisir pantai tersebut. melakukan penanaman pohon. Menurut Wabup Sutjidra penanam pohon di pesisir pantai dilakukan guna mencegah abrasi semakin meluas.

“Mudah-mudahan pohon yang ditanam ini bisa hidup sehingga kedepannya pesisir pantai tampak terlihat hijau dan mampu mencegah Abrasi,harap Sutjidra.

Dalam penanaman pohon, ada 3 jenis pohon pantai yang ditanam diantaranya pohon camplung, pohon dadap laut dan pohon cemara. Kegiatan ini dilakukan secara estapet dengan dibagi 3 pos yang berada di masing-masing pesisir pantai di Desa Pemaron, Desa Tukad Mungga dan Desa Anturan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Buleleng Ir. I Ketut Nerda mengatakan bahwa maksud dari penanaman pohon tersebut adalah untuk mencegah abrasi pantai dan untuk penghijauan pesisir pantai.

“Jenis tanaman yang kita tanam tersebut merupakan tanaman yang tahan terhadap angin laut dan air laut dan juga mampu mencegah abrasi,terang Ketut Nerda.

Nerda menambahkan, masyarakat setempat mau melakukan pemeliharaan pohon tersebut . Kedepan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan akan memprogram kembali untuk melanjutkan gerakan penanaman pohon pada sepanjang pesisir pantai yang ada di Kabupaten Buleleng.

“Masalah bibit kami tidak kesulitan, karena kita didukung oleh Kementrian Kehutanan. Berapapun bibit yang kita minta pasti akan dikasi,” lanjut Ketut Nerda.

Diharapkan nantinya pesisir pantai Kabupaten Buleleng akan aman dari abrasi dan tampak terlihat indah dengan adanya gerakan penanaman pohon ini. (Humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)