Sawahlunto

Cawawako Zohirin Sayuti Prihatin Atas Terjadinya Pembuangan Bayi di Sikalang

Warta Andalas | Minggu, 07 Januari 2018 - 15:43:50 WIB | dibaca: 644 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Bakal Calon Wakil Walikota Sawahlunto, H. Zohirin Sayuti, SE menyatakan rasa prihatinnya atas peristiwa penemuan bayi laki-laki di desa Sikalang kecamatan Talawi, yang diduga telah dibuang oleh orangtua bayi yang tidak bertanggungjawab, Sabtu (6/1) sekitar pukul 17.00 WIB.

Keprihatinan Zohirin tersebut ditandai dengan kunjungannya langsung ke lokasi, setelah mendengar adanya informasi peristiwa itu.

“Bagaimanapun, bayi itu tidaklah berdosa. Untuk itu, saya sangat menyayangkan terjadinya peristiwa ini. Sebab diluar sana, masih banyak orang yang masih sulit untuk mendapatkan keturunan,” ujar mantan Sekda kota Sawahlunto, yang kini disebut-sebut sebagai calon terkuat di ajang Pilkada mendatang.

Sebelumnya, dari informasi sejumlah sumber Warta Andalas diketahui bahwa penemuan sesosok bayi mungil yang baru lahir itu ditemukan oleh Wan, salahseorang warga setempat yang hendak membawa jalan anjing buru piaraannya.

Sesampainya di jalan ladang karet milik Sabar, dusun Muaro Jaya, ia mendengar suara tangisan bayi. Selanjutnya, Wan memanggil warga terdekat  Alika Agustria (31) yang kemudian bersama-sama melihat ke sumber suara tersebut.

Alangkah terkejutnya mereka, saat melihat adanya sesosok bayi mungil tergeletak tanpa alas dan sehelai benangpun, dan dalam kondisi yang memperihatinkan akibat dikerubungi semut serta terdapat luka di beberapa bagian tubuhnya.

Sambil terus menangis, tangan bayi malang tersebut juga sambil memeganig rumput. Merasa tak tega melihatnya, kemudian bayi tersebut dibawa ke rumah Opung yang dekat dari lokasi penemuan.

Sesampai di kediaman Opung, bayi yang diduga hasil dari hubungan tanpa status tersebut dibalut dengan kain, kemudian dibawa menuju Puskesmas Pembantu Salak untuk dilakukan pembersihan dan perawatan. 

Selanjutnya, sekitar pukul 17.50 WIB, bayi itu di bawa ke Puskesmas Talawi untuk pemeriksaan kesehatan, dipimpin Kepala Puskesmas Talawi dr. Ranu Vera.

Dari hasil pemeriksaan tersebut terungkap bahwa berat Badan bayi  2,9 Kg dan panjang : 47 cm. Di tubuh bayi itu terdapat lecet di bagian bawah mata sebelah kanan, lecet sepanjang punggung bagian kanan, dan lecet bagian lutut kaki kiri.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, sekitar pukul 19.30 WIB, akhirnya bayi itu dibawa ke RSUD kota Sawahlunto. Hingga berita ini diturunkan, bayi tersebut masih dalam perawatan pihak RSUD.

Sementara itu, Kapolres Sawahlunto, AKBP. Zamroni Wibowo yang dikonfirmasi wartawan, Minggu siang membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, saat ini sudah ada yang dicurigai sebagai ibu kandungnya, dan masih dalam pemeriksaan.

“Kita sedang melakukan pemeriksaan terhadap orang yang dicurigai. Kita tunggu saja hasilnya,” sebutnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)