Purbalingga

Bupati Tiwi Instruksikan Pemetaan Potensi Desa

Warta Andalas | Kamis, 13 Juni 2019 - 09:47:41 WIB | dibaca: 275 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menginstruksikan kepada jajaran Kecamatan dan Desa untuk melakukan pemetaan tentang potensi yang dimiliki Desa. Hal tersebut disampaikan Tiwi saat menyampaikan sambutan pada acara silaturahmi Bupati Purbalingga bersama aparatur dan masyarakat Kecamatan Bojongsari, Rabu (12/6) di Pendapa Kecamatan Bojongsari.

Tiwi mengatakan, di era sekarang semua aparatur di tiap tingkatan khususnya di tingkat Pemerintah Desa harus jeli dan bisa memetakan potensi yang ada di Desa. Menurutnya, geliat ekonomi akan terbangun justru berasal dari Desa terlebih dahulu sehingga pemetaan untuk meningkatkan derajat hidup serta kesejahteraan masyarakat mutlak dilakukan.

“Saya minta pemetaan potensi Desa masing-masing dilakukan agar geliat ekonomi di masyarakat bisa  direncanakan dengan baik,” kata Tiwi.

Tiwi kemudian mencontohkan tentang potensi yang ada di wilayah Kecamatan Bojongsari salah satunya yang ada di Desa Galuh yaitu kerajinan batik. Tiwi menandaskan, jika seluruh Desa sudah terpetakan, Pemkab Purbalingga akan memfasilitasi launching potensi pada Desa-Desa tersebut. Launching diperlukan agar potensi yang ada di Desa bisa dikenal oleh masyarakat luas bahkan di luar Purbalingga.

“Nanti kita launching. Harus dilauncing biar potensi Desa yang ada di Purbalingga khususnya wilayah Bojongsari ini dikenal masyarakat luas bahkan di luar Purbalingga,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tiwi juga meminta kepada kepala Desa untuk terjun ke lapangan secara rutin untuk mengetahui permasalahan yang ada di wilayahnya. Tiwi menilai masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan secara sinergi seperti kemiskinan dan pengangguran dan hal itu akan dapat teratasi apabila semua pihak termasuk para kepala Desa rajin turun di masyarakat.

“Kepala Desa juga harus open (perhatian,jawa) dengan masyarakatnya. Sambil ngantar makanan rantang berkah untuk lansia, coba lihat masalah yang ada di sekeliling seperti kemiskinan dan pengangguran. Tidak ada yang tidak bisa teratasi selama soliditas pemerintahan dari yang bawah hingga atas bisa dijaga,” kata Tiwi.

Menanggapi tentang program rantang berkah, Camat Bojongsari, Juli Atmadi dalam sambutannya menuturkan, program tersebut sangat bermanfaat bagi para lansia karena mereka makan dengan terjamin. Juli berharap program rantang berkah tetap berlanjut dan bila perlu di tahun-tahun berikutnya penerima manfaat ditambah.

“Kami berharap rantang berkah tetap berlanjut dan penerimanya juga ditambah mengingat manfaatnya yang sangat dirasakan,” pungkas Juli. (KP-4).





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)