Sijunjung

Bupati Sijunjung Pimpin Upacara Sumpah Pemuda

Warta Andalas | Senin, 30 Oktober 2017 - 18:42:30 WIB | dibaca: 108 pembaca

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG - Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke 89 di Kabupaten Sijunjung, di Lapangan Bola M.Yamin Muaro, sejak pagi cuaca sangat mendung meski mendung tidak menyurutkan para pemuda untuk mengikuti termasuk inspektur upacara yaitu Bupati Sijunjung Yuswir Arifin

Diikuti Wakil Bupati, Dandim, Wakapolres, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Unsur Vertikal, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD serta Peserta Upacara, Senin (30/10).

Flora Sahara (anggota Banser) selaku Komandan Upacara, Penggerek Bendera Wanda adhityansyah (SMAN 1 SJJ), M Akhlan Alexandria (SMAN 3 SJJ), M Iqbal Algeri (SMKN 1 SJJ), teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 diucapkan Amanda Mulia Sandina (SMAN 1 SJJ), Teks Kep. Kongres Dibacakan oleh Pebriyaldi (Sekretaris KNPI), Pembacaan Do’a oleh Gusriyal, S.Ag).

Bupati Yuswir membacakan teks pidato Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, pesan yang disampaikan oleh Bung Karno sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. "Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan, dan kedaerahan," katanya.

Ego ini yang kadang kala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. kita harus berani mengatakan bahwa persatuan indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Mari kukuhkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. 

"Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini. sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia," imbaunya. (ednjonkz)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)