Sijunjung

Bupati Sijunjung Buka Coaching Clinic SAKIP

Warta Andalas | Sabtu, 21 September 2019 - 19:41:54 WIB | dibaca: 117 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Drs Haji Yuswir Arifin, MM Dt Indo Marajo, membuka secar resmi ekspose/Coaching Clinic.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Pangeran Beach, Padang pada Sabtu (21/9/2019). Dihadiri Sekdakab Zefnihan  dan 34 pimpinan perangkat daerah termasuk kecamatan di Pemkab Sijunjung, Bupati Yuswir Arifin menyampaikan berbagai hal menyangkut penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Setidaknya ada  90 peserta dari  perangkat daerah termasuk kecamatan di Pemkab Sijunjung, pada Sabtu (21/9/2019) itu mengikuti Coaching Clinic (pembimbingan singkat dalam bentuk pelatihan-red) penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Dihadapan peserta Coaching Clinic, bupati menyampaikan , selamat bertugas pada narasumber dari Kementerian PAN dan RB yang berkesempatan menjadi narasumber pada kegiatan Coaching Clinic penerapan SAKIP Kabupaten Sijunjung tahun 2019.

"Pada kesempatan ini saya informasikan kepada narasumber, bahwa kondisi capaian nilai hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan laporan penyelenggaraan Pemda Sijunjung pada tahun 2018 dilakukan Kemenpan-RB masih dalam kategori Cc dengan capaian nilai 57,67. Untuk itu kami Pemda Sijunjung telah melakukan beberaoa tahap atau proses sebagai upaya memperbaiki penerapan SAKIP,"kata bupati Yuswir Arifin dihadapan Pemateri itu nanti yakni,q Kamaruddin, ak, M.Si ( asisten deputi koordinasi pelaksana kebijakan dan evaluasi reformasi birokrasi dan akuntabilitas aparatur wilayah 1),  Akhmad Hasmi (staf asdep).

Dijelaskan bupati, langkah-langkah yang telah dilakukan Pemkab Sijunjung dalam rangka pemantaoan SAKIP, yakni; Membangun Komitmen Pimpinan, Penguatan Kapasitas SDM, Penyelarasan Dokumen Perencanaan Penganggaran, Pengembangan Aplikasi SAKIP dan Aplikasi SAKIP dan Aplikaai Terintegrasi.

"Aplikasi SAKIP telah ada, tapi belum secara maksimal, masih dalam kondisi uji coba. Sementara itu, aplikasi E-Planing dan E-Budgeetting sudah dilakukan proses integrasi. Untuk itu saya minta pada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan sebaik mungkin,"tegas bupati.

"Kepada narasumber Kemenpan RB, saya menyampaikan terimakasih atas kesediaannya memberikan sumbangan pemikiran dan pengetahuan dalam penyelenggaraan kegiatan ini,"ucap bupati Yuswir mengakhiri sambutannya.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setdakab Sijunjung, Wandri Fahrizal,SH, dalam laporannya menyebutkan, bahwa peserta 90 orang dengan perangkat daerah lebih dari 70 orang.

"Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Pangeran Beach Padang dan berlangsung sejak Sabtu-Minggu (21-22/9/2019),"kata Wandri Fahrizal. (sr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)