Dharmasraya

Bupati Buka Pembinaan Kompetensi SDM Sekertaris Walinagari se-Dharmasraya

Warta Andalas | Kamis, 16 Februari 2017 - 21:01:30 WIB | dibaca: 380 pembaca

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA –  Bertempat di Aula Hotel Sakato Jaya, tepatnya di Kenagarian Sungai Kambut kecamatan Pulau Punjung, bupati Dharmasraya Sutan Riska membuka acara Pembinaan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Jurnalistik untuk Sekretaris Nagari se-kabupaten Dharmasraya, Kamis (16/2).

Kegiatan tersebut dijadwalkan bakal berlangsung hingga Jum’at (17/2) besok, yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi sekertaris Walinagari dalam memberikan informasi bagi publik.

Dalam sambutannya, Sutan Riska menegaskan agar   menjunjung tinggi kegiatan tersebut . Pasalnya, keterbukaan informasi public memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan pembangunan, kususnya di kabupaten Dharmasraya.

“Kegiatan ini akan menambah wawasan, yang tidak lain akan mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memantau unsur kegiatan pembangunan di daerah ini,” ujarnya.

Dikatakan bupati, masyarakat juga mempunyai kewajiban untuk turut serta mengakses informasi sesuai dengan apa yang dituangkan dalam Undang-Undang nomor 6 tahun 2014, tentang desa yang diatur dalam Pasal 24, yang menyatakan salah satu dari asas penyelenggaraan Pemerintahan Nagari harus ada  keterbukaan terhadap public.

Untuk itu, lanjut Riska, tolong dicermati oleh perangkat Pemerintah Nagari, karena hal tersebut termasuk sebagai standar pelayanan public.

“Oleh karena itu harus menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang bertugas mengelola data dan informasi yang dikuasai oleh Pemerintahan Nagari,” imbuhnya.

Lebih jauh, dihadapan seluruh Walinagari yang hadir, Sutan Riska juga menyampaikan harapannya agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut secara serius dan sungguh-sungguh dalam menanggapi serta menyerap segala informasi yang akan disampaikan oleh narasumber, dan selanjutnya dapat segera menerapkan di kenagariannya masing-masing, sehingga warga dapat terlayani dan mudah dalam mengakses informasi pembangunan.

Sementara itu, Ketua komisi informasi public Sumbar,  Syamsurizal didampingi Kabiro Humas Sekretariat Daerah Sumbar menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan itu adalah agar ada keterbukaan informasi kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Dharmasraya sesuai yang diatur dalam undang-undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi.

Dikatakannya, dengan tertuangnya Undang-Undang keterbukaan ini, masyarakat luas berhak untuk mengawasi pada segala unsur kegiatan pemerintah dalam bentuk kegiatan apapun. 

“Masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui dan mengontrol,  apalagi kegiatan wali  tentang pelaksanan dana desa yang begitu besar. Kami berharap agar penggunaan dana desa ini betul betul serius dan professional,” pintanya.

Sebab, lanjut dia, setiap kegiatan pemerintah yang di anggarkan dengan uang negara apabila tidak ada keterbukaan kepada public, kami menghimbau agar masyarakat melaporkan kepada komisi informasi public Sumbar,dan kami akan langsung merespon dan menindak lanjuti laporan tersebut.

“Jika ada informasi dari masyarakat kepada kami, maka kami akan segera memanggil perangkat nagari tersebut dan akan kami proses dan dilakukan penyelidikan,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Sudirman, dari LSM Pagar Negara mengatakan, penggunaan dana desa harus dikontrol oleh masyarakat dan juga awak media serta LSM.

“Jika tidak ada pengontrolan, bisa bisa pekerjaan walinagari yang menggunakan dana desa itu tidak sesuai apa yang diharapkan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Sudirman juga menegaskam agar penggunaan dana desa ini tdak di salahgunakan sehingga pemanfaatannya betul-betul tepat sasaran. “Sebab, anggaran yang dikucurkan merupakan uang Negara, dan uang Negara merupakan uang rakyat,” tandasnya, mengakhiri. (arp)

 





Komentar : 2
pengobatan alternatif emfisema paru
17 Februari 2017 - 08:15:28 WIB
Sukses dengan berita lainnya. ****://bit.ly/1jtoAI5 | ****s://lnkd.in/bwKE6g5 | ****://migre.me/rPLLx
obat pelancar buang air besar
17 Februari 2017 - 13:38:52 WIB
jumat barokah :)
<<< 1 >>>


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)