Agam

Bupati Agam Himbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Gunung Marapi

Warta Andalas | Sabtu, 01 Maret 2014 - 17:37:03 WIB | dibaca: 879 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Bupati Agam, Indra Catri, menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiap-siagaan terkait Gunung Merapi menyemburkan abu vulkanik pada Rabu (26/2).

"Sesuai ketentuan, maka radius 3 kilometer harus dikosongkan. Ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," kata bupati.

Bupati juga meminta agar masyarakat setempat agar berhati-hati dan cermat dalam menggunakan air untuk memasak ataupun mencuci pakaian, karena ini sangat merusak bagi kesehatan.

Adapun bentuk kewaspadaanya terhadap bencana ini, pemerintah setempat selalu melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait, seperti para pemuka pemuda, ninik mamak, dan tokoh masyarakat termasuk pengurus mesjid agar dapat mengaktifkan media komunikasi setiap saat.

"Kami juga selalu melakukan koordinasi kepada Kementerian ESDM dan BMKG Pusat," tambahnya.

Kepada seluruh kepada SKPD, bupati menegaskan agar berada di tempat, tidak boleh keluar daerah, termasuk kendaraan harus siap.

Sementara seluruh jajaran puskesmas dilingkungan Gunung Marapi untuk selalu siap. "Saat ini, ada sebanyak 51 personil dari BPBD, 60 Satpol PP dan jajaran Puskesmas, Tagana, PMI, serta mitra BPBD yang di stembaikan," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito mengatakan, Gunung Marapi tersebut sudah sering kali mengeluarkan debu vulkanik.

"Terakhir pada pukul 16:15 WIB, juga kembali letusan namun ketinggian tidak dapat dideteksi mengingat tebalnya kabut asap," ujarnya. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)