Agam

Bunga Raflesia Kembali Ditemukan di Tanjung Raya

Warta Andalas | Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:48:32 WIB | dibaca: 83 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Badan Konservasi Sumber Daya Alam bersama mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), kembali temukan 2 jenis bunga Rafflesia di 2 lokasi.

Lokasi pertama di Hutan Cagar Alam Maninjau, dan lokasi kedua di jorong Data, Simpang Dingin, nagari Paninjauan, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam.

Kepala BKSDA Resort Agam Syahrial Tanjung didampingi unit Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Ade Putra, menjelaskan, 2 jenis bunga ini ditemukan tim BKSDA bersama mahasiswa UMSB itu saat penelusuran di 2 titik lokasi yang berbeda.  selasa, (13/8).

Dijelaskan, lokasi pertama di kaki bukit Hutan Cagar Alam ditemukan bunga rafflesia amorphophalus, dan di lokasi kedua ditemukan pada hari kelima penelusuran di jorong Data, Simpang Dingin, nagari Paninjauan ditemukan buga Rafflesia Arnoldi.

Dititik pertama ditemukan bunga Rafflesia Amorphophalus jenis Rhizanthes Deceptor 1 individu berjumlah 21 knop atau kuncup yang menempel pada inangnya berupa akar tetrastigma yang bergantung pada pohon tinggi, sehingga menyerupai rangkaian buah anggur pada tangkainya, dan dilokasi kedua pada hari kelima ditemukan bunga yang diduga kuat sebuah bunga Rafflesia Arnoldii, terlihat dari warna merah pada kelopaknya dengan bintik putih berdiameter 90 cm dari 1 individu berjumlah 5 buah, 4 knop diantaranya.

“Lokasi 2 jenis bunga langka itu tempatnya tidak berjauhan,” ujar Syahrial

Dikatakan Syahrial, ditemukannya dua lokasi bunga Rafflesia ini, kabupaten Agam sudah memiliki 12 titik penyebaran bunga langka tersebut.

sampai saat ini tim dari BKSDA Resort Agam masih melakukan perluasan area explorasi populasi tumbuhan banga langka disepanjang kaki bukit yang mengelilingi danau tersebut, dari tanda-tanda di lapangan diduga terdapat sebaran populasi bunga yang dilindungi itu. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)