Padang

BPS Rilis "Padang Dalam Angka"

Warta Andalas | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:03:05 WIB | dibaca: 24 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebut kelanjutan pembangunan dan gairah investasi sangat berkaitan dengan data-data yang dirilis Badan Pusat statistik (BPS). Pasalnya, data-data tersebut menjadi acuan dalam menumbuhkan kepercayaan (trust) publik terhadap pemerintah.

Hal itu diungkapkan saat membuka Forum Group Discussion (FGD) terkait penyusunan "Padang Dalam Angka" yang digelar BPS Kota Padang di Hotel Kyriad Bumi Minang, Kamis (7/12/2017).

"Data sangat diperlukan guna membangun 'trust'. Tanpa data, kita tidak mendapatkan acuan yang akurat dalam pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan sehingga juga gagal menumbuhkan kepercayaan publik," kata Mahyeldi.

Menurutnya, data-data yang dikumpulkan BPS dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ketika diwujudkan melalui "Padang Dalam Angka" akan menjadi bagian dalam penyusunan rencana pembangunan dan pelaksanaan program ke depannya.

"Dengan data ini banyak dapat dilakukan, termasuk penyusunan program dan perencanaan pembangunan serta untuk acuan bagi pihak yang akan menanamkan investasi," ujarnya.

Berdasarkan data, lanjut Mahyeldi, pemerintah dapat memetakan permasalahan-permasalahan yang ada sehingga efektif dalam menyikapi permasalahan tersebut.

"Data juga menjadi acuan dalam menyikapi permasalahan-permasalahan yang ada sehingga efektif untuk menyikapinya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Padang Rizal mengatakan, FGD yang dilakukan merupakan upaya penyusunan "Padang Dalam Angka" yang disiapkan BPS merupakan data-data yang dikumpulkan dari seluruh SKPD Kota Padang dan rutin dipublikasikan setiap tahun. Penyusunan data juga bekerjasama dengan instansi vertikal serta BUMN di Kota Padang.

"Tujuan FGD ini untuk memberikan gambaran dan informasi terkait progres pelaksanaan lapangan dan upaya peningkatan kualitas publikasi Padang Dalam Angka kedepan, baik dari segi percepatan waktu pelaksanaan dan kualitas data yang dihasilkan," kata Rizal.

Ia berharap dalam FGD ini, semua permasalahan dalam pengumpulan data, diharapkan dapat dibahas sehingga penyajian publikasi Padang Dalam Angka ke depan lebih berkualitas.

"Dengan kegiatan ini akan dihasilkan data yang baik dan berkualitas," tutupnya.(DU/Zal/Hms)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)